Dark/Light Mode

Tak Tunggu Sidang Isbat, Muhammadiyah Sudah Tetapkan Lebaran Kamis, 13 Mei 2021

Selasa, 11 Mei 2021 11:33 WIB
Flyer Muhammadiyah tetapkan Lebaran (Foto: muhammadiyah.or.id)
Flyer Muhammadiyah tetapkan Lebaran (Foto: muhammadiyah.or.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sore nanti, Selasa (11/5), Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Namun, jauh sebelum Sidang Itsbat ini, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5).

Seperti keterangan yang dimuat dalam laman muhammadiyah.or.id, penetapan ini tercantum dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah. Penetapan itu berdasarkan metode hisab (perhitungan astronomi) yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

Baca juga : Jelang Idul Fitri, Muhammadiyah Imbau Warga Takbiran Di Rumah

Dalam laman itu, Muhammadiyah juga menyinggung soal pandemi Covid-19. "Idul Fitri tahun ini masih dalam keadaan musibah Covid-19, yang persebarannya belum landai. Sehingga harus tetap mengikuti protokol kesehatan dalam merayakan hari yang fitri ini," tulisnya.

PP Muhammadiyah mengimbau agar Bangsa Indonesia harus gigih dalam mengatasi pandemi ini dengan usaha yang maksimal. Khusus untuk umat Islam, diajarkan menyikapi musibah dengan kekuatan iman, sabar, dan ikhtiar.

Baca juga : Curi Start Mudik Sudah Terjadi Di Mana-mana

"PP Muhammadiyah juga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1442 Hijriah, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Taqabbal ya Kariim. Semoga Allah SWT melimpahkan berkah dan rahmat-Nya bagi bangsa Indonesia. Khusus bagi kaum muslimin semoga diterima amal ibadahnya serta memperoleh pahala dari Allah SWT," demikian penutup keterangan PP Muhammadiyah. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.