Dark/Light Mode

Masih Pandemi, Kang Emil Pilih Shalat Ied Di Masjid Rumah Dinas

Rabu, 12 Mei 2021 16:05 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: ist)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebaran tahun ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tidak akan shalat Ied di Lapangan Gasibu karena masih pandemi Corona. Kang Emil-sapaan Ridwan Kamil-memilih shalat di masjid komplek rumah dinas.

"Saya sendiri akan shalat di kediaman saya. Di belakang ada masjid juga, jadi saya shalat di rumah, seperti halnya Pak presiden juga memutuskan shalat tidak di Istiqlal tapi di Istana Bogor," ujar kang Emil, Rabu (12/5).

Baca juga : Jawa Barat Masih Ranking 1, Riau Masih Betah di 3 Besar

Emil menyarankan, untuk wilayah Jabar yang masih zona merah dan oranye Corona sebaiknya menggelar shalat Ied di rumah saja. Sedangkan yang sudah zona kuning dan hijau bisa shalat di masjid sesuai syariat tapi pembatasan 50 persen. 

“Zonasi ini bukan zonasi kabupaten ya, tapi zonasi RT atau RW yang ditetapkan Satgas kota/kabupaten," tegasnya.

Baca juga : Anis Matta : Partai Gelora Dan PKS Beda Platform Indonesia Masa Depan

Selain itu, Emil mengingatkan, setelah shalat Ied jangan dulu saling mengunjungi tetangga dan mengobrol makan untuk mencegah penyebaran Corona.

"Kita larang termasuk ziarah kubur dibolehkan setelah 16 Mei, jadi sebelum tanggal 16 kuburan akan ditutup, jadi setelah 16 Mei boleh dengan prokes," katanya.

Baca juga : Satgas: Zona Merah dan Oranye Wajib Shalat Id di Rumah

Terkait pariwisata, Kang Emil menegaskan, pariwisata yang ada di zona merah dan zona oranye tetap ditutup. Tapi kalau, zona hijau dan kuning diperbolehkan dengan kapasitas 50 persen. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.