Dark/Light Mode

Ketua Satgas Covid: Yang Mudik, Yang Plesiran Selama Libur Lebaran, Wajib Karantina Mandiri

Senin, 17 Mei 2021 20:04 WIB
Ketua Satgas Covid/Kepala BNPB Doni Monardo (Foto: YouTube)
Ketua Satgas Covid/Kepala BNPB Doni Monardo (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan tersebut, Doni juga mengapresiasi kerja keras yang dilakukan Satgas Covid-19 di daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang telah berinisiatif menutup tempat hiburan atau tempat wisata, yang tidak memenuhi ketentuan pemerintah pusat mengenai pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas.

“Kami harapkan tetap berlanjut, agar kita semua mampu melakukan upaya maksimal dalam rangka mencegah terjadinya penularan,” ujarnya.

Baca juga : Peniadaan Mudik, Korlantas Polri Putar Balik 600 Ribu Kendaraan, Tindak 600 Travel Gelap

Doni menjelaskan, saat ini kondisi penyebaran Covid-19 di Tanah Air relatif terkendali. Hal ini antara lain ditunjukkan oleh rendahnya tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Rate) ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit.

“Barometernya antara lain adalah RS Darurat Wisma Atlet di Kemayoran. Saat ini, tingkat keterisian tempat tidur adalah 16,22 persen. Ini adalah rekor terendah pasien yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet. Mohon kiranya, ini bisa kita jaga,” ujarnya.

Baca juga : Kedubes Malaysia Sampaikan Ucapan Selamat Lebaran

Meski begitu, Doni juga mengingatkan adanya peningkatan tren kasus Covid-19 di wilayah Sumatera, dalam satu bulan terakhir.

Ini terlihat dari peningkatan Zona Oranye dan Zona Merah. Untuk itu, Doni mengharapkan kesadaran kolektif dari seluruh komponen masyarakat, agar bisa mengontrol diri masing-masing. Serta mematuhi berbagai imbauan yang telah disampaikan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah serta tokoh-tokoh masyarakat.

Baca juga : Satgas: Balik Dari Mudik Bakal Dikarantina 5 Hari

“Kita akan bisa merasa nyaman, apabila di pertengahan Juni nanti, kondisi Covid-19 di Tanah Air masih terkendali. Mari kita berdoa, semoga kasus aktif di negara kita tidak meningkat. Sekali lagi, kerja sama seluruh komponen bangsa diharapkan bisa memberikan rasa tenang dan nyaman bagi kita semuanya,” tandasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.