Dark/Light Mode

Kesaksian Polantas Pengurus STNK

Anggota DPR Nikmati Pajero Pemberian Rohadi

Jumat, 21 Mei 2021 06:45 WIB
Suasana sidang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan terdakwa mantan Panitera Pengganti di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (20/5/2021). (Foto: Tribunnews)
Suasana sidang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan terdakwa mantan Panitera Pengganti di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (20/5/2021). (Foto: Tribunnews)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPR periode 2014-2019 Daniel Muttaqien Syafiuddin pernah menikmati mobil Mitsubishi Pajero Sport pemberian Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi.

Mobil itu sebenarnya untuk Anna Sophanah, Bupati Indramayu saat itu. Anna merupakan ibu Daniel. Rohadi membeli mobil ini dengan bantuan anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Jakarta Utara, Sutikno.

“Dimintai tolong membeli mobil, uangnya dari Pak Rohadi,” kata Sutikno di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Baca juga : Masih Pandemi, Ancol Batasi Pengunjung Sampai 30 Persen

Sutikno dihadirkan sebagai saksi sidang perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Rohadi. Ia menuturkan disuruh Rohadi membeli empat mobil baru: dua Pajero Sport, Toyota Alphard, Toyota Fortuner, serta Mercedes-Benz bekas.

Rohadi mengucurkan Rp 700 juta untuk membayar dua Pajero Sport, Rp 900 juta untuk Alphard, Fortuner Rp 512 juta, dan Mercedes-Benz Rp 600 juta.

Sutikno kemudian disuruh mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pajak kendaraan bermotor hingga dan nomor pelatnya.

Baca juga : Bamsoet Puji Kesiapan Korlantas Polri Antisipasi Mudik Lebaran

Semula, nomor pelat Pajero Sport untuk Anna adalah B 1503 TJK. Rohadi meminta diubah menjadi B 104 ANA. Huruf di pelat nomor mirip dengan nama Anna yang bakal menerima mobil ini. “Itu atas permintaan Pak Rohadi, Pak. Itu nopolnya dan disetujui, saya urus nopolnya,” tutut Sutikno.

Jaksa KPK lalu membacakan isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Sutikno. “Di BAP Saudara, Rohadi mengatakan mobilnya ada di Kalibata, digunakan oleh anak Ibu Anna, namanya Daniel anggota DPR,” kutip jaksa.

Sutikno membenarkannya keterangannya di BAP. Ia menjelaskan STNK Pajero Sport itu diserahkan kepada Daniel yang saat itu anggota DPR Fraksi Partai Golkar.

Baca juga : Kerumunan Suporter Di HI, Polda Metro Panggil Pengurus The Jak Dan Persija

Pada sidang sebelumnya terungkap Rohadi mengutus kakaknya, Darim yang menjabat Camat Cikedung untuk memberikan mobil ini kepada Anna Sophanah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.