Dark/Light Mode

Sandi Harap Kawasan Singhasari Bisa Pulihkan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 22 Mei 2021 22:18 WIB
Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Ist)
Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Kabupaten Malang, Jawa Timur, diharapkan bisa menjadi modal awal untuk mendorong kebangkitan sektor ekonomi kreatif di tengah pandemi virus Corona.

Menteri Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa adanya pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona, memaksa para pelaku usaha termasuk sektor ekonomi kreatif untuk mampu beradaptasi, namun tetap melahirkan berbagai inovasi.

"KEK Singhasari ini diharapkan bisa membangkitkan semangat baru, motivasi baru, karena Covid-19 ini memaksa kita untuk melakukan adaptasi dan inovasi," kata Sandi, saat meninjau KEK Singhasari, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (22/5/2021).

Dijelaskan, KEK Singhasari yang terletak di Kecamatan Singosari tersebut, merupakan kawasan ekonomi khusus yang diperuntukkan bagi pengembangan sektor pariwisata, dengan konsentrasi pada sektor ekonomi kreatif.

Baca juga : Catat Nih! Harga Vaksin Sinopharm Di RI Termurah Kedua Di Dunia

Dengan adanya KEK Singhasari, nantinya mampu meningkatkan skill atau kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi kaum milenial yang ada di Indonesia, bukan hanya dari wilayah Malang Raya.

"Harapan kami yaitu bisa meningkatkan keterampilan, bagi milenial kita, dan juga membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya dan sebesar-besarnya," ujarnya.

Keberadaan KEK Singhasari yang akan ditopang dengan kebijakan pemerintah, juga diharapkan bisa memulihkan sektor pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Pandemi Covid-19 saat ini, memberikan dampak cukup besar khususnya terhadap sektor pariwisata Indonesia.

Baca juga : Sandiaga Siapkan Desa Wisata Jadi Lokasi Work From Any Destination

"Kebijakan pemerintah diharapkan mampu memulihkan pariwisata ekonomi kreatif. Banyak anak muda kita, yang punya solusi berkaitan dengan ekonomi digital dan produk-produk kreatif yang lain," katanya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, dengan potensi dari anak-anak muda yang mampu mengembangkan sektor ekonomi kreatif, termasuk pariwisata tersebut, nantinya mampu memulihkan ekonomi Indonesia dari sektor tersebut akibat dampak pandemi Covid-19.

"Ini membuka mata kita terkait potensi-potensi yang ada, bahwa kita bisa bersaing untuk memulihkan ekonomi kita," kata Sandiaga yang juga politikus Partai Gerindra.

Pada kesempatan itu, Sandi juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kompleks Animation and Film Factory, serta menanam pohon di Kompleks Bromo Tengger Semeru Tourism Hub, di KEK Singhasari.

Baca juga : Awas, 3 Faktor Risiko Ini Bisa Ganggu Pemulihan Ekonomi Global

KEK Singhasari merupakan kawasan ekonomi khusus pertama bidang pengembangan teknologi yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2019. Kawasan tersebut, mencakup wilayah seluas 120,3 hektare.

Pengembangan KEK Singhasari sendiri nantinya akan meliputi dua zona, yakni pariwisata dan zona pengembangan teknologi.

Pada kawasan ekonomi khusus tersebut, diharapkan mampu menciptakan ekosistem digital yang terintegrasi. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.