Dark/Light Mode

Ramaikan Festival JogloSemar

LinkAja Genjot Pembayaran Digital Di Area Borobudur

Minggu, 23 Mei 2021 08:16 WIB
Digitalisasi Pembayaran Area Borobudur. (Foto : Dok. Link)
Digitalisasi Pembayaran Area Borobudur. (Foto : Dok. Link)

RM.id  Rakyat Merdeka - LinkAja mendukung program pemerintah, khususnya dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal itu antara lain dilakukan dengan tu­rut berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indo­nesia (BBI) Festival Joglosemar. LinkAja menghadirkan digitalisasi pembayaran di seluruh area wisata Candi Borobudur. Ter­masuk di dalamnya pembayaran tiket masuk, fasilitas umum, dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Sepanjang 2021, Gerakan Nasional BBI ini dilaksanakan di berbagai wilayah. Pada Mei 2021 ini, Gerakan Nasional BBI hadir di Yogyakarta dan Jawa Tengah, melalui acara Festival Joglose­mar yang dilaksanakan di Candi Borobudur pada 20 Mei 2021.

Baca juga : Kemenperin Dorong IKM Go Digital

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja mengatakan, keterlibatan LinkAja dalam Ger­akan Nasional BBI merupakan wujud nyata perseroan men­dukung pemerintah. Terutama sebagai uang elektronik nasional, yang berkomitmen memberikan kemudahan akses layanan keuan­gan digital kepada masyarakat.

Hadirnya layanan Quick Responses Code Indonesian Standard (QRIS) pada aplikasi LinkAja dan Syariah LinkAja di area Borobudur, diharapkan dapat memudahkan transaksi para pengunjung dan UMKM.

Baca juga : Buka Festival Joglosemar, Jokowi: Saatnya UMKM Bangkit

Menurut Haryati, penggu­naan pembayaran elektronik di masyarakat dapat memacu pelaku UMKM memaksimalkan teknologi digital untuk pengem­bangan bisnis mereka.

Saat ini LinkAja telah hadir di 18 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia, untuk memfasilitasi pembayaran digital di lebih dari 30 lokasi wisata di Indonesia. Pihaknya optimistis, ke depan­nya seluruh pelaku UMKM dan industri pariwisata dapat terhubung dengan digitalisasi yang terintegrasi.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi, Menteri Teten Genjot Penyaluran Kredit

“Sehingga upaya kami ber­sama untuk meningkatkan per­ekonomian, melalui kualitas pariwisata dan pemberdayaan UMKM dapat segera tercapai,” pungkasnya.

LinkAja memiliki ekosistem digital paling lengkap. Hingga saat ini, LinkAja telah memiliki lebih dari 70 juta pengguna terdaftar. Dan telah dapat digunakan di lebih dari 1,1 juta merchant lokal dan lebih dari 400 ribu merchant nasional di seluruh Indonesia, 230 moda transportasi. Selain itu, lebih dari 700 pasar tradisional, lebih dari 47 ribu mitra donasi digital, 7 ribu online marketplace. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.