Dark/Light Mode

Buka Festival Joglosemar, Jokowi: Saatnya UMKM Bangkit

Kamis, 20 Mei 2021 15:48 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: ist)
Presiden Jokowi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus gencar mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan gairah para pelaku UMKM/IKM dalam negeri di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. 

“Kita ingin mengisi momentum kebangkitan nasional ini dengan mempercepat kebangkitan produk-produk buatan Indonesia. Kebangkitan produk-produk UMKM/IKM kita yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, menguasai pasar dalam negeri, lebih kompetitif di pasar global dan UMKM naik kelas,” kata Presiden Jokowi pada Puncak Gernas BBI dengan tema Festival Joglosemar: Artisan of Java, di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (20/5).

Baca juga : Tiap Ratas, Presiden Jokowi Selalu Ingatkan Menterinya Jangan Korupsi

Menurut Jokowi, UMKM/IKM tersebar di seluruh pelosok negeri dengan jenis usaha dan produk yang beragam, melibatkan banyak masyarakat sekitar, serta menciptakan lapangan kerja baru dan mampu menyerap tenaga kerja. Dan itu menjadi merupakan pilar penting kebangkitan ekonomi nasional.

“Untuk mendukung kemajuan UMKM/IKM, saya harap semua pihak terlibat dan ikut bergerak. Beri tempat-tempat terbaik bagi UMKM/IKM kita untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya,” tegas presiden. 

Baca juga : BSI Fokus ke Pengembangan UMKM dan Layanan Digital

Dia pun meminta agar produk UMKM/IKM ditempatkan di etalase terdepan pusat-pusat perbelanjaan, banyak mengisi bandara, rest area, tempat wisata, dan tempat-tempat strategis lainnya. “Siapkan lebih banyak ruang dan event virtual yang menarik agar produk UMKM kita semakin dikenal dan diminat, agar masyarakat semakin cinta dan bangga pada produk-produk Indonesia,” bebernya.

Acara Puncak Festival Joglosemar yang dilaksanakan di Candi Borobudur pada tanggal 20 Mei 2021 ini menampilkan produk Artisan dari daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang telah dikurasi oleh Bank Indonesia, melalui fashion show dan pameran. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.