Dark/Light Mode

Rabu Besok Gerhana Bulan Total

Kemenag Anjurkan Shalat Gerhana, Jangan Lupa Prokes Ya...

Senin, 24 Mei 2021 17:00 WIB
Ilustrasi gerhana bulan total, sinar matahari disaring oleh atmosfer bumi dan bulan berwarna oranye. (Foto: NASA via BBC Indonesia)
Ilustrasi gerhana bulan total, sinar matahari disaring oleh atmosfer bumi dan bulan berwarna oranye. (Foto: NASA via BBC Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan data astronomi, gerhana bulan total atau khusuful qamar akan terjadi pada Rabu (26/5) besok. Gerhana diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 18:09 - 20:51 WIB.

Terkait hal tersebut, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama mengimbau umat Islam agar melakukan shalat sunnah gerhana, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Baca juga : Turun Bukan Pertanda Sudah Aman Lho Ya...

“Kami mengimbau kaum muslimin agar melakukan shalat Gerhana,” jelas Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (24/5).

Menurutnya, sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan shalat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

Baca juga : Khotbah Idul Fitri, Anggota Kompolnas Ajak Jamaah Shalat Id Taat Prokes

“Mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka shalat Gerhana bisa dilakukan pada rentang setelah shalat Maghrib sampai selesai Gerhana, sesuai dengan waktu di atas,” ujar Kamaruddin.

“Karena masih pandemi, shalat Gerhana diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan,” tandasnya. [HES]

Baca juga : Komisi Kesehatan DPR Minta Kemenkes Bayarkan Tunggakan Nakes

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.