Dark/Light Mode

Innalillahi, Mantan Menlu Mochtar Kusumaatmadja Tutup Usia

Minggu, 6 Juni 2021 11:52 WIB
Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia dalam usia 92 tahun. (Foto: Kantor Staf Presiden)
Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia dalam usia 92 tahun. (Foto: Kantor Staf Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Indonesia kembali kehilangan putra terbaik bangsa. Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia dalam usia 92 tahun di RS Siloam Jakarta, Minggu (6/6) pukul 09.15 WIB. 

"Telah wafat Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja -- mantan Menlu RI, Menteri Kehakiman RI, dan pakar hukum laut internasional-- hari ini, Minggu 6 Juni 2021 pada pukul 09.15 di RS Siloam. Alamat rumah duka: Jl. Balitung 3 no 2 Kebayoran Baru. Pemakaman belum diketahui. Semoga Alm Bpk Mochtar Kusumaatmadja mendapat husnul khotimah, diberi kelapangan dan lindungan damai kasihNya. Terima kasih atas jasa pengabdianmu bagi bangsa dan negara. Jasamu Abadi. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan. Aaammiinnn…..," demikian bunyi pesan WhatsApp yang beredar di kalangan wartawan, Minggu (6/6).

Kantor Staf Presiden juga menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya tokoh bangsa tersebut.

Baca juga : Presiden Minta Menteri Dan Kepala Daerah Jangan Tutupi Data

"Turut berduka cita atas wafatnya Mochtar Kusumaatmadja. Beliau adalah Guru Besar & Dekan Fakultas Hukum UNPAD, Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II Kabinet Pembangunan II (1973-1978) & Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III & IV Kabinet Pembangunan III & IV (1978-1988)," demikian pernyataan KSP via akun Twitter resminya, Minggu (6/6).

"Semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan. Amin" sambung keterangan tersebut.

Mochtar Kusumaatmadja yang lahir pada 17 Februari 1929 pernah menjadi Wakil Indonesia pada Sidang PBB mengenai Hukum Laut, Jenewa dan New York.

Baca juga : Bamsoet Serahkan Bantuan Patient Monitor Ke RS Islam Jakarta

Ahli Hukum Internasional ini berperan banyak dalam konsep Wawasan Nusantara, terutama dalam menetapkan batas laut teritorial, batas darat, dan batas landas kontinen Indonesia.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Universitas Yale, Amerika Serikat ini juga aktif dalam berbagai perundingan internasional, terutama dengan negara-negara tetangga mengenai batas darat dan batas laut teritorial itu. Beberapa karya tulisnya juga telah mengilhami lahirnya Undang-Undang Landas Kontinen Indonesia pada tahun 1970.

Selain itu, peraih gelar doktor bidang Ilmu Hukum Internasional dari Universitas Padjadjaran, Bandung ini juga dikenal jago main catur. Akhir tahun 1985, Mochtar terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.