Dark/Light Mode

Prabowo Bangun Patung Bung Karno

Mega Senangnya Nggak Ketulungan

Senin, 7 Juni 2021 07:30 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri dan para pejabat lainnya, foto bersama usai meresmikan patung Bung Karno di Lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan, Jakarta, Minggu (6/6/2021). (Foto: Humas Kemhan RI)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri dan para pejabat lainnya, foto bersama usai meresmikan patung Bung Karno di Lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan, Jakarta, Minggu (6/6/2021). (Foto: Humas Kemhan RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri terlihat makin lengket dan makin mesra.

Kesan itu tambah menguat setelah Prabowo membangunkan sebuah patung Bung Karno sedang naik kuda di lapangan Gedung Kementerian Pertahanan. Mega yang diundang sekaligus meresmikan patung tersebut, senangnya nggak ketulungan.

Acara peresmian patung tersebut digelar di Lapangan Bela Negara, Gedung Kementerian Pertahanan, sekitar pukul 10 pagi, kemarin. Sepuluh menit sebelum acara, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, tiba di lokasi. Mega yang didampingi putranya, Prananda Prabowo dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, disambut hangat oleh Prabowo. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, ikut hadir.

Sepanjang acara, baik Mega maupun Prabowo, tak sungkan pamer kedekatan. Bahkan, di saat memberikan sambutan, keduanya saling memuji. Raut wajah kebahagiaan dan senyum mengambang tak lepas dari wajah keduanya.

Berita Terkait : Prabowo Bangun Patung Soekarno Berkuda, Mega: Sungguh Istimewa

Dalam sambutannya, Prabowo menceritakan patung Bung Karno yang menunggangi kuda ini dilatarbelakangi peristiwa 5 Oktober 1946. Saat itu, Bung Karno menjadi panglima tertinggi pada hari angkatan perang pertama dan diminta menjadi inspektur upacara. Dalam acara itu, Bung Karno menjadi inspektur dengan menunggang kuda.

Selama kiprahnya, Bung Karno memang dikenal jarang naik kuda. Tak ayal, demi tampil gagah di hari upacara itu, Presiden RI pertama itu harus berlatih keras selama 3 hari untuk menunggang kuda.

Berdasarkan peristiwa itulah, Kemhan pun memutuskan membuat patung Bung Karno menunggang kuda. Prabowo juga mengaku memilih meresmikan patung itu pada hari kemarin, karena bertepatan dengan ulang tahun Sang Proklamator yang lahir 6 Juni 1901 di Surabaya.

“Karena itu, saya kira tepat, kita telah memilih hari ini, dan Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden ke-5 sekaligus juga adalah putri beliau, bersedia untuk hadir sendiri dan meresmikan patung ini,” kata Prabowo, disambut tepuk tangan.

Berita Terkait : Ganjar Kelasnya Menteri

Megawati dalam sambutannya ikut menceritakan kisah Bung Karno naik kuda yang pernah didengarnya dari ibunya, Fatmawati. Kata dia, saat itu, Bung Karno sangat panik karena tidak tahu bagaimana menunggang kuda. Kemudian Bung Karno meminta Fatmawati mencarikan kuda yang jinak.

“Seorang panglima tertinggi, kudanya jinak, seharusnya kan garang,” tutur Mega, disambut tawa hadirin.

Terakhir, Mega mewakili keluarga besar Bung Karno mengucapkan terima kasih dan penghormatan Prabowo. “Sekali lagi saya ingin mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas kehormatan yang menurut saya sangat luar biasa ini,” ucapnya.

Momen peresmian patung ini pun menjadi perhatian warga dunia maya. Akun @namakumei mengatakan, peresmian patung Bung Karno berkuda ini jadi momentum yang mengingatkan pada seluruh perjuangan Putra Sang Fajar, bagi seluruh ide, gagasan, cita-cita, dan perjuangannya.

Berita Terkait : Jokowi Dan Prabowo Patut Diacungi Jempol

“Mantap dan keren patungnya Bung Karno menunggang kuda,” kicaunya. Akun @dorra mengatakan, pembangunan patung ini sangat relevan. “Di gedung Lemhannas juga ada patung Bung Karno. Bagaimana pun Soekarno merupakan Panglima Tertinggi saat itu, jadi wajar kalau patungnya didirikan di Kementerian Pertahanan sebagai bentuk penghormatan,” ungkapnya.

Namun, akun @maspiyuaja mengaitkan peresmian patung itu dengan Pilpres 2024. “Sah, Prabowo-Puan 2024,” cuitnya, dengan emoji tertawa. “Kayaknya gak lama lagi nih, udah cocoklah sepaket. Tinggal cari penghulu aja.” timpal @Marzoochi. [BCG]