Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Hari Lahir Bung Karno, Percasi Gelar Turnamen Catur Online

Minggu, 6 Juni 2021 07:30 WIB
Peringati Hari Lahir Bung Karno, Percasi Gelar Turnamen Catur Online

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam memperingati hari kelahiran Bapak Proklamator Republik Indonesia Bung Karno yang tepatnya jatuh pada Minggu (6/6) sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan Ke-48, akan digelar Turnamen Catur Online dengan sistem swiss 8 babak.

Turnamen ini digagas Ketua Umum PERCASI Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran yang juga anggota DPR dari fraksi PDI Perjuangan dengan mengambil tema “Bulan Bung Karno dan HUT PDIP Ke-48/2021”.

Baca juga : Peringati Kelahiran Sang Proklamator, Suarahgaloka Pentaskan Seni Teatrikal

Sabran mengatakan platform catur daring yang sudah dikenal akrab oleh para pecatur Indonesia yaitu Lichess.Org. “Kami menggagas turnamen catur online ini karena pertandingan catur daring semakin banyak diminati oleh para pecatur Indonesia terlebih di saat pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir,” ujar Sabran, Sabtu (5/6).

Akhir-akhir ini pertandingan catur daring semakin booming di Indonesia, terutama sesudah kejadian “Dewa Kipas” nama sebuah akun di platform catur daring yang berhasil mengalahkan pecatur dari Amerika tetapi akhirnya akun “Dewa Kipas” dengan bantuan program komputer saat bertanding.

Baca juga : Warga Jaksel Diimbau Padamkan Listrik 1 Jam

"Peserta yang sudah mendaftar secara online di platform Lichess.Org berjumlah 773 orang peserta dari seluruh Indonesia. “Diperkirakan sampai turnamen dimulai Minggu (6/6)  pukul 14.00 WIB, peserta bisa di atas seribuan orang,” ujar Koordinator Pelaksana Henry Hendratno yang juga Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB. PERCASI).

Adapun Format pertandingan yang digunakan pada turnamen catur daring “Bulan Bung Karno & HUT PDIP Ke-48/2021” adalah catur kilat 5 menit, yang mana pemain pemegang buah putih dan buah hitam masing-masing mendapat jatah waktu berpikir 5 menit.

Baca juga : Peringati Hari Jadi Bogor Ke-539, PANDI Gelar Simposium Digitalisasi Sunda

Henry mengatakan sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah sistem Arena 120 menit, dimana selama 120 menit tersebut setiap pemain harus mengalahkan lawan sebanyak mungkin.

Dari seluruh peserta babak penyisihan akan dipilih 48 orang (sesuai HUT PDIP) peringkat teratas untuk maju ke babak final. Pendaftaran untuk mengikuti turnamen ini gratis! Bahkan disediakan hadiah yang menarik bagi para pemenang," ujar Hendry. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.