Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Markis Kido Tak Dimakamkan di TMP Kalibata, Menpora Beri Penjelasan

Selasa, 15 Juni 2021 16:47 WIB
Suasana pemakaman Markis Kido (Foto: Istimewa)
Suasana pemakaman Markis Kido (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jenazah legenda bulu tangkis Indonesia Markis Kido tak jadi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 itu dimakamkan di TPU Kebon Nanas, Cipinang, Jakarta Timur, Selasa siang (15/6). Padahal, sebelumnya banyak usulan yang meminta agar Markis Kido dimakamkan di TMP Kalibata.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi penjelasan mengenai hal ini. Menurut Zainudin, jenazah Markis Kido tidak bisa dimakamkan di TMP Kalibata karena tidak memenuhi kriteria yang disyaratkan.

Baca juga : Markis Kido Dimakamkan Satu Liang Dengan Ayahnya

Zainudin menjelaskan, meski Markis Kido telah mengharumkan nama bangsa dengan meraih emas Olimpiade, namun ada beberapa kriteria yang telah ditetapkan terkait pemakaman jenazah di TMP. Yaitu, mereka yang memiliki gelar, tanda jasa, atau tanda kehormatan tertentu. Beberapa gelar tersebut di antaranya Bintang Republik Indonesia, Bintang Mahaputera, Bintang Gerilya, Bintang Sakti, dan anggota TNI/Polri yang gugur dalam pertempuran.

“Saya sudah tanyakan kepada Kemensos (Kementerian Sosial), dan kriteria-kriteria itu yang telah ditetapkan. Sementara, penghargaan yang diberikan kepada Markis Kido adalah Parama Krida Utama Kelas I. Ternyata, penghargaan itu tidak masuk dalam kriteria itu,” kata Zainudin, dalam jumpa pers virtual, di Jakarta, Selasa (15/6), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Markis Kido Wafat, Menpora : Selamat Jalan Pahlawan Bulutangkis Indonesia

Zainudin menerangkan, pihaknya sudah mencoba perjuangkan agar Markis Kido dimakamkan di TMP Kalibata. “Tetapi, itu bukan menjadi kewenangan Kemenpora, karena ada kelembagaan khusus,” tambah dia.

Beberapa pihak sempat mempertanyakan alasan jenazah Markis Kido tidak bisa dimakamkan di TMP Kalibata. Salah satunya, mantan pebulu tangkis nasional Hariyanto Arbi. Menurutnya, pemerintah seharusnya memperjuangkan agar para peraih medali emas Olimpiade bisa dimakamkan di TMP Kalibata.

Baca juga : Markis Kido Meninggal Dunia, PBSI Kehilangan Pahlawan Bulutangkis

“Hari ini saya mendengar kabar bahwa Markis Kido, yang menurut saya merupakan pahlawan Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa, tidak bisa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata,” tulis Arbi lewat Instagram pribadinya, @hariyanto_arbi, Selasa (15/6).

Dia pun berharap, sebaiknya dari sekarang pihak Kemenpora memperjuangkan peraih emas Olimpiade bisa dimakamkan di TMP Kalibata. “Apa kriteria untuk bisa dapat kelayakan untuk ditawarkan keistimewaan itu? Apakah seorang juara Olimpiade belum dirasa cukup?” kata dia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.