Dark/Light Mode

Dukung Transformasi Digital

PANDI Ambil Bagian Dalam Acara SEA-IGF Agustus Mendatang

Jumat, 18 Juni 2021 10:21 WIB
Dukung Transformasi Digital PANDI Ambil Bagian Dalam Acara SEA-IGF Agustus Mendatang

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) ikut ambil bagian dalam acara Southeast Asia – Internet Governance Forum (SEA-IGF) yang akan berlangsung secara hybrid pada tanggal 11-12 Agustus 2021 di Bali.

SEA-IGF merupakan sebuah forum regional kawasan Asia Tenggara dari berbagai pemangku kepentingan yang menggunakan pendekatan multistakeholder untuk membahas isu yang berkembang sekaligus mencari solusi atas tata kelola internet di negara masing-masing. SEA-IGF kali ini mengambil tema “Transformasi Digital di Asia Tenggara”.

Baca juga : Dukung Erick, Komisi VI Dorong Bank Digital Andalan Plat Merah

Terdapat tiga sub-tema yang diusung oleh SEA-IGF, yaitu Infrastruktur TIK dan Keamanan Siber, Hak dan Masyarakat Digital, dan Orang Muda dan Pengembangan Inovasi.

Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo mengatakan pertumbuhan penggunaan teknologi internet di Indonesia, telah melahirkan banyak tantangan di era globalisasi dan modernisasi.

Baca juga : Transformasi Digital Industri Olahraga dan Peningkatan Prestasi Harus Beriringan

Untuk merespon hal itu, muncul inisiatif untuk mempertahankan nilai-nilai budaya lokal seperti Aksara Nusantara agar masyarakat sadar akan besarnya peninggalan budaya yang diwariskan leluhur. Aksara Nusantara dirasa perlu dinamis mengikuti perkembangan jaman agar dapat dilestarikan dan bisa digunakan di platform digital.

“Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara (MIMDAN) merupakan sebuah program yang digagas PANDI untuk memperkenalkan Aksara-aksara nusantara ke dunia Internasional.

Baca juga : WHO: Itu Masih Bagian Dari Varian India

Hingga saat ini sudah ada Aksara yang telah didigitisasi agar dapat ditampilkan pada platform digital seperti PC, Handphone dan perangkat lainnya, yaitu Bali, Batak, Bugis, Jawa, Makasar, Rejang, dan Sunda,” terang Yudho.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.