Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Andika Atau Yudo Yang Jadi Panglima TNI? Ini Kata Istana

Jumat, 18 Juni 2021 16:26 WIB
KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono. (Foto: ist)
KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun tahun ini. Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono jadi calon penggantinya.

Lalu siapakah yang akan menjadi Panglima TNI dari dia jenderal bintang empat itu? Semuanya ada di tangan Presiden Jokowi.

Begitu kata Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rahman kepada RM.id, Jumat (18/6).

"Tentu Presiden Jokowi yang memiliki hak prerogatif untuk menentukan siapa Panglima TNI," kata Fadjroel.

Baca juga : Jenderal Andika, Laporin Harta-Kekayaan Dulu Ya!

Dia berharap, tidak ada yang berspekulasi sebelum Jokowi yang mengumumkan langsung. "Kita tunggu saja, pasti dipilih yang terbaik," ujarnya.

Meski keputusannya ada di tangan Jokowi, beberapa anggota Komisi I DPR dari lintas fraksi banyak yang menjagokan Andika menjadi Panglima TNI.

Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar, Dave Laksono menilai, menantu Jenderal (Purn) AM Hendropiyono itu mampu melewati berbagai permasalahan yang ada. “Pengetahuan dan kemampuannya sudah teruji," kata Dave.

Anggota Komisi I DPR Fraksi Demokrat, Rizki Aulia Natakusumah mengatakan, Andika paling istiqomah menjabat sebagai kepala staf. Jadi, kata dia, kemampuannya tidak diragukan lagi.

Baca juga : Andika Harum Di Senayan

Hal senada juga dikatakan anggota Komisi I DPFraksi PPP Syaifullah Tamliha. “Dia jenderal yang paling senior di lingkungan TNI," ujarnya.

Sementara, anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP Effendi Simbolon. Dia menegaskan Andika paket komplit jadi Panglima. 

Anggota Komisi I DPR, Fadli Zon menilai, Andika mampu menjawab tantangan geopolitik yang dinamis. Andika mampu berkomunikasi dan interaksi dengan komunitas militer internasional.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKB, Taufiq Abdullah menyebut, ketiga kepala staf layak menjadi suksesor Hadi. Tapi, jika dilihat masa jabatan paling lama sebagai kepala staf, Andika paling senior.

Baca juga : Hendro: Saya Nggak Nyosor Minta-minta

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS, Sukamta mengatakan, Andika sosok prajurit yang sangat humanis tapi memiliki ketegasan. Hal ini cocok untuk menghadapi masalah Papua maupun Nusantara keseluruhan. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.