Dark/Light Mode

Didorong Jadi Panglima

Andika Harum Di Senayan

Rabu, 16 Juni 2021 07:30 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Istimewa)
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jenderal Andika Perkasa harum di DPR. Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu pun didorong jadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun akhir tahun ini.

Hampir semua fraksi di Komisi I DPR yang membidangi pertahanan menjagokan menantu Jenderal (Purn) AM Hendropriyono itu menjadi Panglima TNI. Menurut mereka, kompetensi Andika tidak diragukan lagi.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Dave Laksono menilai, Andika mampu melewati berbagai permasalahan yang ada. Dirinya tidak salah pilih menjagokan Andika sebagai kandidat kuat Panglima TNI.

Baca juga : Kasus Korupsi Jasindo, KPK Panggil Dirut Jasindo Syariah Saparudin

“Kenapa harus nggak setuju, selama ini Pak Andika kan KSAD terlama dibanding yang lain, pengetahuan dan kemampuannya sudah teruji melewati berbagai macam permasalahan,” kata Dave, kemarin.

Hal yang sama dikatakan Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Demokrat, Rizki Aulia Natakusumah. Dia menilai, Andika mumpuni menggantikan Hadi. “Kalau benar nama yang sudah disodorkan ke Presiden adalah beliau (Andika) itu menurut saya juga hal yang baik,” ujarnya.

Dukungan juga datang dari anggota Komisi I DPR dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha. Dia setuju suami dari Hetty Andika Perkasa itu gantikan Hadi Tjahjanto. “Setuju. Dia jenderal yang paling senior di lingkungan TNI,” ujarnya.

Baca juga : Ferdinand Hutahaean Dorong Kapolri Sikat Pungli Dan Premanisme Di Luar Pelabuhan

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, Effendi Simbolon menilai Andika paket komplit jadi Panglima.

“Lebih cocok (Andika Perkasa),” imbuhnya.

Anggota Komisi I DPR, Fadli Zon menilai, Andika mampu menjawab tantangan geopolitik yang dinamis. Menurutnya, jenderal bintang empat itu mampu berkomunikasi dan interaksi dengan komunitas militer internasional, sehingga bisa mengangkat wibawa TNI di tingkat nasional dan internasional.

Baca juga : Sandiaga: Bima Destinasi Wisata Baru di Indonesia

“Ini dibutuhkan. Menurut saya yang paling cocok dalam situasi sekarang adalah Jenderal Andika Perkasa,” bebernya.

Dukungan buat Andika juga datang dari PKS. Anggota Komisi I DPR dari PKS, Sukamta menilai, Andika sosok prajurit yang sangat humanis tapi memiliki ketegasan. Hal ini cocok untuk menghadapi masalah Papua maupun Nusantara keseluruhan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.