Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terjun Ke Cilandak, Panglima TNI Ingin Seluruh DKI Dijaga 24 Jam

Selasa, 22 Juni 2021 22:20 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sidak penanganan Covid-19 di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (22/6). (Foto: Ist)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sidak penanganan Covid-19 di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (22/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memuji sistem penjagaan yang berlangsung selama 24 jam di salah satu daerah di Cilandak, Jakarta Selatan. Pos jaga ini didirikan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Jika sistem ini diterapkan di seluruh wilayah Jakarta, Marsekal Hadi yakin tingkat penularan Corona di ibu kota dapat ditekan.

"Kalau semua wilayah di Jakarta seperti Cilandak, maka dapat dipastikan Jakarta akan aman dari Covid-19," kata Marsekal Hadi saat inspeksi mendadak ke Cilandak, Jakarta, Selasa (22/6).

Baca juga : Andika Atau Yudo Yang Jadi Panglima TNI? Ini Kata Istana

Mendampingi Marsekal Hadi, Kapolsek Cilandak Kompol M Agung Permana menerangkan, anggota kepolisian bersama babinsa dan Bhabinkamtibmas menjaga dan membatasi akses ke luar masuk wilayah RT06/RW01, di Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak, Jaksel ini.

Sistem penjagaan terbagi menjadi tiga shift dan berlangsung selama 24 jam.

"Jika ada warga yang akan ke luar, maka mereka akan menghubungi petugas piket yang bertanggung jawab dan akan mencatat. Warga setempat memberi bantuan untuk masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri," terang Kapolsek Cilandak kepada Panglima TNI.

Baca juga : Panglima TNI Pantau Penanganan Corona Di Bangkalan

Ikut serta dalam sidak ini, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Pembatasan akses itu, lanjut Danramil Cilandak Mayor Cba Usep, menjadi salah satu cara memutus penyebaran Covid-19 di kawasan RT06/RW01. Dikatakannya, sejauh ini, ada 12 warga dari empat keluarga melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Sementara tiga warga lain menjalani isolasi di rumah sakit," kata Mayor Usep kepada Panglima TNI, Kapolri, dan Menkes.

Baca juga : Kawal Pengiriman Uang Ke Wilayah Perbatasan, BI Dan TNI AL Jalin Kerja Sama

Panglima meminta jajaran TNI dan Polri meningkatkan kerja sama mendukung upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19. Utamanya dalam menegakkan protokol kesehatan dan melakukan penelusuran, pemeriksaan, dan perawatan (3T).

Selain terjun lansung ke Cilandak, rombongan meninjau penanganan Covid-19 di Rumah Susun Nagrak, Cilincing dan Kelurahan Rorotan di Jakarta Utara. Rusun Nagrak mulai Senin (21/6) resmi beroperasi sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.