Dark/Light Mode

Serius Tingkatkan Literasi, Jembrana Punya Perda Khusus Perpustakaan

Sabtu, 26 Juni 2021 13:01 WIB
Kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) dan pelantikan Bunda Literasi, di Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu, (26/6). (Foto: Dok. Perpusnas)
Kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) dan pelantikan Bunda Literasi, di Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu, (26/6). (Foto: Dok. Perpusnas)

 Sebelumnya 
“Literasi dibutuhkan. Karena ketika infrastruktur dan segalanya telah terselesaikan, maka aspek lapangan kerja akan terbuka lebar bagi masyarakat Jembrana. Mereka akan berkompetisi satu sama lain sesuai dengan kapasitas keahlian dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Artinya, literasi bukan sekadar bisa baca tulis melainkan dibarengi dengan keahlian (skill) lain yang dikuasai,” jelasnya.

Pandemi memang membuat pembangunan yang berjalan menjadi terhambat. Namun, di hadapan para universitas/perguruan tinggi yang hadir, I Nengah Tamba siap memberikan kemudahan perijinan bagi pihak-pihak yang ingin membuka lembaga pendidikan di Jembrana.

Dukungan terhadap pertumbuhan literasi turut disuarakan Ketua DPRD Kabupaten Jembrana Ni Made Sri Sutarmi. Secara khusus, DPRD Jembrana telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan. “Perda ini dibuat berdasarkan inisiatif DPRD,” jelas Made Sri.

Secara gamblang, tambah Made Sri Perda, Perda Perpustakaan ini bertujuan untuk menyediakan layanan perpustakaan, pengelolaan dan pengembangan perpustakaan, budaya gemar membaca, pelestarian naskah kuno serta pengembangan koleksi budaya etnis nusantara.

Pada kesempatan yang sama, Nurcahyono melantik Gusti Ayu Ketut Candra Wati sebagai Bunda Literasi Jembrana. Setelah itu, giliran Gusti Ayu turut melantik enam Bunda Literasi kecamatan yang ada di Jembrana. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.