Dark/Light Mode

Wapres: Waspada Varian Delta, RS Terisi 98 Persen

Rabu, 30 Juni 2021 12:33 WIB
Wapres Maruf Amin. (Foto RM.id/Setwapres)
Wapres Maruf Amin. (Foto RM.id/Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Covid-19 varian Delta (dari India) yang agresif meningkatkan penularan sudah masuk. Seiring dengan kehadirannya, tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) di Indonesia juga sangat mengkhawatirkan. 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan menjalankan protokol kesehatan ketat. Hal itu disampaikannya saat membuka acara vaksinasi massal di Kota Tangerang Selatan, secara daring dari Jakarta, Rabu (30/6/2021).

Vaksinasi massal itu bekerja sama dengan Yayasan Dewa Dewi Indonesia dan Traveloka.

Baca juga : Hati-hati, Corona Varian Delta Menular Lewat Berpapasan

"Ancaman Covid-19 sampai saat ini belum berakhir, bahkan terjadi tren peningkatan kasus pascalibur Lebaran dan akibat interaksi sosial, aktivitas ekonomi, serta masuknya virus Covid-19 varian Delta," kata Wapres RI itu.

"Kita semua harus lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Dalam satu bulan terakhir ini, berpengaruh pada BOR rumah sakit untuk pasien Covid-19," tambahnya.

Wapres mengatakan, di Kota Tangerang Selatan tingkat keterisian rumah sakit sudah mencapai 98 persen dari total 51 ruang intensive care unit (ICU) dan 86 persen dari total 645 kamar tempat tidur pasien. Hanya tersisa 93 tempat tidur per 25 Juni 2021.

Baca juga : Tegas, Wapres Sebut Karakter Terorisme Merusak!

Pada kesempatan itu, Wapres juga meminta Pemerintah Kota/Pemkot Tangsel untuk menambah jumlah tempat tidur pasien dan tenaga kesehatan untuk mengantisipasi kenaikan angka kasus penularan.

Wapres juga meminta pemerintah daerah mempercepat vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat sehingga kekebalan komunitas atau herd immunity secara nasional dapat segera tercapai.

Upaya percepatan vaksinasi bertujuan untuk membentuk herd immunity yang ditargetkan 70 persen dari populasi secara nasional atau sedikitnya 181,5 juta penduduk.

Baca juga : Ruang Isolasi Covid-19 Di Indramayu Terisi 90 Persen

Wapres yakin, dengan target per hari 1 juta dan akan ditingkatkan hingga 2 juta per hari, maka kita akan dapat mencapai target tersebut.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.