Dark/Light Mode

Innalillahi, Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Tutup Usia

Jumat, 2 Juli 2021 11:48 WIB
Ki Manteb Sudarsono (Foto: Istimewa)
Ki Manteb Sudarsono (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalang kondang Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia dalam usia 72 tahun karena terinfeksi Covid-19, Jumat (2/7).

Info meninggalnya Ki Manteb ini antara lain disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui akun Facebook-nya, Jumat (2/6).

Baca juga : Raja Okto: Atlet Yang Tanding Di Olimpiade Harus Taaat Prokes

"Ya Allah. Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... Satu lagi sosok panutan meninggalkan kita. Insya Allah husnul khatimah. Sugeng kondur, Ki Manteb Sudarsono. Sugeng pinanggih Guru Sejati," tulis Ganjar.

Ki Manteb yang lahir di Sukoharjo, 31 Agustus 1948 adalah seorang dalang terkenal dari Jawa Tengah. Karena kepiawaiannya memainkan wayang, Ki Manteb dijuluki Dalang Setan.

Baca juga : Berjuang Melawan Covid, Mantan Gitaris GIGI Aria Baron Tutup Usia

Ki Manteb juga dianggap sebagai pelopor dalam memadukan peralatan dalang dengan alat musik modern.

Pada 2 Agustus 2019, Ki Manteb Sudarsono pernah mendalang di Istana Merdeka dengan lakon Kresna Jumeneng Ratu. Ki Manteb kemudian menyerahkan tokoh wayang Kresna kepada Presiden Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.