Dewan Pers

Dark/Light Mode

Target 10.000 Pekerja Media

Vaksinasi Massal Gelombang IV Dipusatkan di Bentara Budaya

Jumat, 2 Juli 2021 19:44 WIB
Sejumlah pekerja media tengah mengantre divaksin di Bentara Budaya, Jakarta. (Foto: Karim Paputungan/RM)
Sejumlah pekerja media tengah mengantre divaksin di Bentara Budaya, Jakarta. (Foto: Karim Paputungan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekerja media yang  mendaftar lewat organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mulai hari ini, Jumat (2/7) menjalani vaksinasi massal Covid-19 gelombang IV di Bentara Budaya, Komplek Kompas Gramedia, Jalan Pal Merah Selatan, Jakarta Pusat. 

Penyelenggara menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Di antaranya lajur antrian, penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh dan pembatasan jarak fisik sebelum memasuki venue hingga pengaturan kapasitas ruangan. Namun, semuanya berlangsung nyaman. 

Coorporate Communication Director Kompas Gramedia Glory Oyong  mengatakan, penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 yang diawali 28 Juni lalu, bertepatan dengan ulang tahun Harian Kompas ke-56 ini cukup unik. 

"Lukisan koleksi Bantara Budaya Jakarta sengaja digantung-gantung di atas tempat vaksinasi. Unik ini,” ujar Glory. 

Berita Terkait : Vaksinasi Massal, Ketum Kadin Targetkan 15.000 Orang

Insan Pers Sehat, Indonesia Sehat:

Spanduk PWI di depan ikut menyambut peserta dengan ucapan Selamat Datang. "Insan Pers Sehat, Indonesia Sehat."

Peserta yg mendaftar lewat PWI tercatat 474 orang se-Jabodetabek. Mereka secara bertahap menjalani vaksinasi mulai tadi pagi. Dilanjutkan hari Senin (5/7) dan Senin minggu berikutnya (12/7).

Vaksinasi yg dimulai  bertepatan dengan HUT Harian Kompas itu dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Targetnya 10.000 pekerja media hingga 20 hari ke depan. Sabtu dan Minggu tidak ada vaksinasi. 

Berita Terkait : Presiden Targetkan Dua Kali Lipat Vaksin Pada Agustus

"Vaksinasi yang kini ada di sejumlah tempat, termasuk di Bentara Budaya, membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujar Gubernur mengapresiasi. 

Kapolri Meninjau

Pada 1 Juli kemarin, bertepatan dengan HUT ke-75 Bhayangkara,  vaksinator yang bertugas adalah tenaga kesehatan dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Pusdokkes Polri). 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo datang meninjau disertai Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, Kapusdokkes Polri Brigjen Rusdianto dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo. 

Berita Terkait : Stok Cekak, Vaksinasi di Sabu Raijua Dihentikan Sementara

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo berharap kolaborasi antara unsur TNI, Polri, Kementerian Kesehatan, masyarakat pers dan umum bisa bersama-sama mencapai target vaksinasi seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo untuk mencapai herd immunity. Sehingga Indonesia menjadi bangsa pemenang melawan Covid-19. 

Vaksinasi massal Gelombang I untuk wartawan berlangsung di Gedung Basket Gelora Bung Karno (GBK) sebagai wujud komitmen Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari. 

Gelombang II berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, bulan Maret. Gelombang III di Gedung Smesko paralel dengan Gelombang IV di Bentara Budaya ini. Vaksinasi semuanya diberikan dalam dua dosis dengan jangka waktu beberapa minggu. 

Pelaksanaan vaksinasi pada Jumat (2/7), dihadiri Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun. Ikut memonitor Ketua Bidang Distribusi Bantuan PWI Peduli Karim Paputungan dan Sekretaris PWI Peduli Elly Pujianti beserta tim. "Alhamdulillah semua lancar," kata Ketua PWI Peduli M Nasir. [EFI]