Dark/Light Mode

Rachmawati Soekarnoputri Wafat, Presiden Ucapkan Belasungkawa

Sabtu, 3 Juli 2021 21:48 WIB
Unggahan Presiden Jokowi berisi ucapan duka cita atas wafatnya Putri Proklamator Presiden Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri. (Foto: Instagram @jokowi)
Unggahan Presiden Jokowi berisi ucapan duka cita atas wafatnya Putri Proklamator Presiden Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri. (Foto: Instagram @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut berduka atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri. Putri Bung Karno ini dinilai Presiden Jokowi, punya catatan baik di banyak bidang kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Innalilahi wa inna ilaihi rajiun. Saya dan keluarga berduka cita atas berpulangnya Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri, hari ini di Jakarta dalam usia 70 tahun," kata Presiden Jokowi melalui akun Instagram resminya @jokowi, Sabtu (3/7).

Diketahui, adik Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri itu wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Gatot Soebroto, pagi tadi.

Baca juga : Innalillahi, Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia Di RSPAD

"Almarhumah adalah tokoh yang jejak hidupnya terentang di berbagai bidang, dari dunia pendidikan, sosial, hingga politik," tutur Presiden Jokowi.

Dalam unggahan Instagramnya, Jokowi juga mendoakan Rachmawati mendapatkan tempat terbaik. Selain itu, ia juga berharap agar keluarga Rachmawati diberi ketabahan.

"Semoga almarhumah mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran," ujarnya.

Baca juga : 60 Tahun Jokowi, Nurbaya Sebut Presiden Kita Seorang Rimbawan

Unggahan Presiden Jokowi telah disukai lebih dari 389 ribu warganet. Kolom komentar postingan foto Rachmawati ini  banjir doa. "Turut berduka cita. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya," tulis @azkiameva serupa dengan ribuan netizen lainnya.

Rachmawati meninggal dunia pada usia 70 tahun, Sabtu pagi. Jenazah putri Proklamator ini dikebumikan di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ia dikebumikan di samping makam ibundanya, Fatmawati. Proses pemakaman menggunakan protokol Covid-19.

Rachmawati pernah menjadi Ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), Pengurus Yayasan Bung Karno, juga Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno. Rachmawati juga mendapatkan gelar doctor honoris causa dari Universitas Kim Il Sung, Korea Utara. Dalam bidang partai politik, Rachmawati sempat mendirikan Partai Pelopor (2002-2012).

Baca juga : Nakes Wisma Atlet Wafat, Ketua DPD: Ini Kehilangan Besar Untuk Negara

Selanjutnya, Rachmawati masuk Partai Nasdem (2012-2014), dan berlabuh di Partai Gerindra hingga tutup usia.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Rachmawati meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19 setelah dirawat di rumah sakit. "Meninggal dunia karena Covid-19," ucap Dasco yang juga Wakil Ketua DPR ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.