Dark/Light Mode

Jawab Kritik Oposisi

Fadjroel Baca Teks Pembukaan UUD '45

Jumat, 9 Juli 2021 08:07 WIB
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman (Foto: Instagram/fadjroelrachman)
Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman (Foto: Instagram/fadjroelrachman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah melonjaknya kasus Corona saat ini, ada banyak suara kritis yang dilancarkan kubu oposisi ke pemerintah. Menanggapi berbagai serangan itu, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, punya jurus khusus. Fadjroel menjawabnya dengan membacakan amat konstitusi dalam Pembukaan UUD 1945.

Menurut Fadjroel, pemerintah sudah melakukan tindakan nyata dalam melindungi masyarakat dari Corona. Salah satunya, dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang sedang dilaksanakan.

“Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa. Kewajiban konstitusional tersebut salah satu wujudnya adalah penerapan PPKM Darurat,” ujarnya, di Jakarta, kemarin.

Mantan aktivis 98 ini kemudian merincikan cara jitu mencegah penyebaran virus asal China tersebut. Yaitu, disiplin menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Ini, substansi dari PPKM.

Fadjroel ogah terjebak debat kusir dengan oposisi. Pria berusia 57 tahun ini memilih menceritakan langkah pemerintah melawan pandemi. Kali ini, tentang program vaksinasi. Dia menerangkan, Presiden Jokowi berhasil melakukan diplomasi dalam pengadaan vaksin.

Catatannya, per Juni 2021, Indonesia telah memiliki 93.728.400 dosis vaksin dan 45 juta orang telah divaksin. Pemerintah juga fokus di multi sektor terdampak pandemi, seperti kesehatan, perlindungan sosial, dan ekonomi rakyat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.