Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakor BAZNAS Se-Indonesia Sinergikan Program Kurban Online 2021

Jumat, 9 Juli 2021 15:25 WIB
Rakor BAZNAS Se-Indonesia Sinergikan Program Kurban Online 2021

 Sebelumnya 
Dalam sambutannya, Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad MA, menjelaskan, Rapat Koordinasi Kurban Nasional ini bertujuan menyiapkan pelaksanaan kurban yang dijalankan BAZNAS, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam suasana pandemi, dan mensinergikan kebijakan serta distribusi Kurban Online BAZNAS 2021 se-Indonesia.

"BAZNAS harus mampu tampil menjadi pilihan utama dalam menunaikan ibadah kuban. serta menjadi lembaga yang mampu menyalurkan hewan kurban yang aman syari, aman regulasi dan aman NKRI," ujarnya.

Noor menjelaskan, Kurban Online BAZNAS pada Hari Raya Idul Adha tahun ini untuk memberi kemudahan masyarakat dalam menunaikan kurbannya. Masyarakat dapat menunaikan ibadah kurban dengan mudah dan nyaman, tanpa harus keluar rumah. Hanya dengan menggunakan telepon genggam atau perangkat komputer, masyarakat sudah bisa berkurban dan menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga : BAZNAS Siapkan Daging Kurban Kemasan Kaleng

"Adapun proses distribusi, nanti kita akan pastikan tepat sasaran, bisa menjangkau pelosok Indonesia, dengan inovasi produk kurban yang diolah menjadi makanan kalengan dengan rentang waktu distribusi juga lebih lama," kata doktor alumni IAIN Sunan Kalijaga ini.

Pada 2021, Noor mengatakan, BAZNAS memulai pengembangan baru dalam program Kurban Online BAZNAS yang diwujudkan dengan daging kurban olahan kemasan kornet dan rendang. Kurban kaleng ini memudahkan mudhahhi (orang yang berkurban) dalam proses distribusi daging kurban, karena tahan lama dan dapat memberikan manfaat lebih luas.

Dalam hal ini, Noor juga mengatakan, akan melakukan perbaikan sarana dan prasarana BAZNAS Provinsi/ Kabupaten/Kota se-Indonesia, agar pelaksanaan Kurban Online BAZNAS 2021 dapat merata, serta mengikuti perkembangan teknologi informasi yang ada.

Baca juga : TC Selesai, Timnas Wanita Indonesia Siap Berlaga Di SEA Games 2021

Sementara Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan mengatakan, Kurban Online BAZNAS merupakan lifestyle kurban secara online dengan aman mengikuti protokol kesehatan Covid-19, mulai dari transaksi pembayaran, pemotongan, distribusi hingga pelaporan.

Semua ini, lanjutnya, merujuk kepada Fatwa MUI No. 36 tahun 2020 tentang Shalat Idul Adha dan penyembelahan hewan kurban saat wabah Covid-19 dan Fatwa MUI No 37 Tahun 2019, tentang Pengawetan dan Pendistribusian daging kurban.

Pada 2020, jelas Rizaludin, BAZNAS hanya ada 1 harga. Maka tahun ini, akan ditawarkan 3 harga. Jadi ini memudahkan kepada mudhahhi untuk memilih harga, tentunya sesuai tuntunan syariah dan ibadah.

Baca juga : Apindo Bersama 1.500 Perusahaan Jepang-Indonesia Dukung Program Pemagangan Kemnaker

“Harga yang terbaik adalah yang sesuai dengan kurban kita yang terbaik. BAZNAS selalu menyarankan bahwa kurban ini bukan tentang perang harga kurban, tapi semarak beribadah yang terbaik," katanya lagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.