Dark/Light Mode

Hasil Riset Skala Besar, Sinovac Efektif Cegah Covid Bergejala Hingga Risiko Kematian

Minggu, 11 Juli 2021 11:31 WIB
Ilustrasi vaksin Sinovac (Foto: Istimewa)
Ilustrasi vaksin Sinovac (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset skala besar di Chile membuktikan, vaksin Sinovac efektif mencegah Covid-19 dan perburukannya.

Info ini disampaikan Kandidat PhD dari Kobe University, dr. Adam Prabata via laman Instagramnya.

Baca juga : Satgas Minta Seluruh Provinsi Bikin Posko Covid-19 Hingga Ke Kelurahan

Adam menjelaskan, penelitian efektivitas vaksin Sinovac berskala besar ini melibatkan 10,2 juta orang. Terdiri dari 4,2 juta orang yang sudah mendapatkan vaksin Sinovac 2 dosis, 500 ribu orang yang baru mendapat 1 dosis Sinovac, serta 5,5 juta orang yang belum divaksin.

"Hasilnya, vaksin Sinovac terbukti 65,9 persen efektif dalam mencegah Covid-19 bergejala dan 87,5 persen mencegah rawat inap karena Covid-19. Serta 90,3 persen efektif mencegah masuk ICU karena Covid-19," jelas Adam.

Baca juga : Listrik Andal, PLN Siap Dukung Sektor Bisnis Hingga Tambang Di Kalimantan

"Selain itu, vaksin Sinovac juga memiliki efektivitas hingga 86,3 persen dalam mencegah kematian akibat Covid-19," imbuhnya.

Namun, hingga saat ini, belum ada data yang menunjukkan kemampuan vaksin Sinovac dalam mencegah infeksi dan menekan risiko penularan Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.