Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Saat PPKM Darurat

Orang Baik Bermunculan Yang Nyebelin Juga Ada

Senin, 12 Juli 2021 07:30 WIB
Aksi saling dorong antara Petugas Satgas Pemburu Pelanggaran Prokes Kecamatan Kenjeran dengan warga Bulak Banteng, Kenjeran, Surabaya. (Foto: Istimewa)
Aksi saling dorong antara Petugas Satgas Pemburu Pelanggaran Prokes Kecamatan Kenjeran dengan warga Bulak Banteng, Kenjeran, Surabaya. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi solidaritas terus bermunculan selama diterapkannya PPKM Darurat. Orang baik bermunculan di mana-mana. Bahu-membahu membantu sesama yang sedang kesusahan. Sayangnya, di tengah maraknya aksi heroik, ada juga yang bersikap nyebelin. Mereka yang nyebelin ini, memanfaatkan krisis untuk kepentingan pribadi.

Hingga kemarin, pelaksanaan PPKM Darurat sudah berjalan 8 hari. Pembatasan mobilitas masyarakat terus dilakukan. Sejumlah jalan yang menghubungkan antar kota masih dijaga oleh petugas. Begitu juga rumah makan yang masih dilarang melayani makan di tempat.

Meskipun bertujuan untuk menekan laju penyebaran Corona, PPKM Darurat ini tentu saja bikin hidup rakyat makin susah. Apalagi, banyak warga yang terpaksa melakukan isolasi mandiri di rumah, karena kondisi rumah sakit yang sudah penuh.

Baca juga : Penyekatan Di Mana-mana Mobilitas Warga Menurun

Banyaknya orang yang hidup susah ini, menimbulkan kepedulian terhadap sesama. Dari pejabat hingga rakyat, dari artis hingga orang biasa tergerak hatinya untuk memberikan bantuan.

Dari kalangan selebritis, ada Maia Estianty dan Melanie Subono yang ikut menggalang donasi untuk membantu warga yang sedang susah. Bersama teman-teman sesama artis, Maia membuka donasi mulai dari Rp 1.000 melalui kitabisa.com.

Di Semarang, pemilik Bubur Ayam Legenda, Romeo Julianto Sirait menggratiskan dagangannya untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Sementara di Blitar, seorang pedagang Soto Ayam hanya mengenakan harga Rp 2 ribu untuk satu mangkok dagangannya kepada warga yang kesusahan.

Baca juga : Sepekan PPKM Darurat, Target Belum Nyampe

Beda lagi dengan bantuan yang diberikan seorang warga Cilandak, Jakarta Selatan. Rumah mewah miliknya sengaja disediakan untuk menjadi tempat isolasi bagi pasien Corona.

Di dunia maya, berbagai situs dibagikan para pengguna media sosial terkait layanan gratis yang bisa dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan. Salah satu yang viral, yakni situs wargabantuwarga.com. Lewat situs ini, warga bisa mengakses sejumlah informasi penting berupa data rumah sakit, info aksigen hingga obat-obatan.

Sementar itu, ada juga individu atau kelompok yang memberikan bantuan terkait kelangkaan oksigen. Ada yang memberikan layanan peminjaman tabung oksigen gratis. Ada juga yang menyediakan pengisian oksigen gratis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.