Dark/Light Mode

Survei Di Kalangan Pakar

Kapasitas Anies Menjanjikan

Kamis, 15 Juli 2021 07:10 WIB
Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di berbagai lembaga survei nasional selalu teratas. (Foto: Antara)
Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di berbagai lembaga survei nasional selalu teratas. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di berbagai lembaga survei nasional selalu teratas. Begitupun dengan hasil survei terbaru dari Arus Survei Indonesia (ASI). Anies berada dipuncak, mengalahkan calon lain. Kapasitas Anies lebih menjanjikan.

Survei ASI melibatkan 130 pakar dan pembuat opini publik untuk memetakan Kapasitas Calon Presiden RI pada Pilpres 2024. Ada 11 profesi yang menjadi narasumber rilis survei pakar. Yakni partai politik, akademisi, pengusaha, pengamat atau peneliti, Ormas atau LSM, aktivis, mahasiswa, budayawan, profesional, praktisi pemerintahan, hingga kalangan jurnalis.

Sedangkan pengukuran kualitas personal para figur dalam riset ini dibatasi hanya pada sembilan aspek atau indikator. Hal ini berdasarkan kajian dan studi kepemimpinan politik tentang apa yang perlu ada pada diri seorang presiden. Di antaranya visi dan intelektualitas, rekam jejak, karakter dan integritas, skill komunikasi.

Baca juga : Sentra Vaksinasi Di Bandara Soetta Buka Sampai Dinihari

Kemudian, kemampuan mengambil keputusan tepat, skill mengelola birokrasi, skill mengelola krisis, kemampuan memenuhi janji, serta kemampuan kerja sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat.

Hasilnya, Anies Baswedan meraih posisi teratas dengan nilai 75,44. Posisi kedua ada Ridwan Kamil dengan nilai 74,93. Kemudian Ganjar Pranowo dengannilai 74,8. Di nomor 4 ada Khofifah Indar Parawansa 69,79 dan Mahfud MD 69,42.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Ri’fan menjelaskan, dari 9 aspek yang dinilai, Anies mayoritas meraih nilai yang cukup tinggi dibanding calon lain.

Baca juga : Survei BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi Terus Menguat

Misalnya aspek karakter dan integritas, nama Anies Baswedan 8,5, lalu Ridwan Kamil 8,45, Ganjar Pranowo 8,45, Khofifah Indar Parawansa 8,05 dan Mahfud MD 7,96.

Dalam aspek kemampuan memenuhi janji, nama Anies Baswedan 7,76, Ridwan Kamil 7,75, Ganjar Pranowo 7,72, Erick Thohir 7,41 dan Agus Harimurti Yudhoyono 7,26.

Begitupun dalam aspek visi dan intelektualitas, nama Anies Baswedan unggul dengan nilai 8,64, disusul Ridwan Kamil 8,28, Ganjar Pranowo 8,22, Sandiaga Uno 7,89, dan Mahfud MD 7,87.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.