Dark/Light Mode

Covid DKI Pecah Rekor, Anies Minta Warga Sadar

Sabtu, 19 Juni 2021 07:00 WIB
Covid DKI Pecah Rekor, Anies Minta Warga Sadar

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta seluruh warga ibu kota sadar bahwa kasus positif Covid-19 memecahkan rekor tertinggi sehingga dibutuhkan kerja keras untuk mengantisipasi laju perkembangan pandemi ini.

"Laporan Jumat (18/6), kasus positif merupakan rekor tertinggi selama satu setengah setahun. Karena itu kita harus bekerja ekstra keras untuk memastikan seluruh komponen masyarakat menaati pakai masker, jumlah orang di ruangan dan taati jaga jarak," kata Anies di Monas, Jumat (18/6).

Baca juga : Pengurus Kadin Daerah Ramai-ramai Minta Munas Ditunda

Data kasus positif Covid-19 yang dilaporkan Jumat ini sebanyak 4.737 kasus, kata Anies, sebanding dengan penambahan kasus pada 7 Februari 2021. Namun lebih tinggi karena pada Februari lalu penambahan yang tercatat adalah 4.213 kasus.

"Ini angka tinggi yang mirip pada Februari lalu, namun lebih tinggi. Kita semua harus sadar pandemi belakangan meningkat dengan tinggi di Jakarta per hari ini 24.511 kasus aktif. Ini harus jadi perhatian kita semua," kata Anies dikutip Antara.

Baca juga : Corona India Masuk Kudus, Ganjar Minta Warga Jaga Prokes

Anies kembali mengingatkan bahwa penanggulangan harus jadi tanggung jawab bersama. Tidak bisa penegakan disiplin dari Pemerintah saja melainkan juga dari pihak keluarga, komunitas dan tempat kerja.

Menaati prokes melindungi sesama, kata Anies, bukan semata-mata mengikuti peraturan Pemerintah, tapi mengikuti prokes demi menyelamatkan sesama warga Indonesia. "Ambil sikap bertanggung jawab," ujarnya.

Baca juga : Tolak Pajak Sembako, IKAPPI: Stabilkan Harga Pangan

Hal yang bisa dilakukan, kata Anies, jika melihat warga yang tidak pakai masker diingatkan dan beri masker jika memiliki masker ganda.[MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.