Dark/Light Mode

Teknologi Dan Inovasi Sektor Keuangan, Mantapkan Upaya Menuju Green Economy

Kamis, 24 Juni 2021 12:21 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melakukan segala upaya untuk mempercepat kemajuan pembangunan dan mendukung peningkatan energi terbarukan.

Dalam mencapai target tersebut, diperlukan transfer teknologi dan investasi untuk mendorong transisi dari penggunaan bahan bakar fosil ke penggunaan energi terbarukan.

Sejalan dengan komitmen Nationally Determined Contributions Indonesia, pemerintah juga mengutamakan pembangunan rendah karbon dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah.

Baca juga : Prosesi Di Luar Ruangan, Dubes RI Silvy Gayatri Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Estonia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia mengapresiasi inisiatif Natural Capital Carbon Communities Superpower dalam Tri Hita Karana Climate Forum, Rabu (23/6).

Mendukung hal tersebut, Indonesia telah mereformasi iklim investasi secara signifikan dengan mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja.

Selain memberikan lebih banyak kemudahan bagi investor dan mitra pembangunan, Undang-Undang ini juga mengatur pembangunan yang tetap memperhatikan lingkungan.

Baca juga : Kementan Pastikan Stok Pangan Hewani Aman Jelang Lebaran

Airlangga mengatakan, perubahan teknologi dalam kewirausahaan dan inovasi dalam sektor keuangan, dilihat sebagai kunci untuk mengubah jalur pembangunan menjadi green economy.

Bertepatan dengan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, pemerintah berencana meluncurkan pusat keunggulan dalam teknologi atau Centre of Future Knowledge.

Pusat teknologi ini merupakan platform untuk berinovasi dan transfer teknologi dengan kolaborasi global. Pemerintah mengajak sektor swasta untuk mendukung inovasi teknologi, karena kewirausahaan sektor swasta dapat melakukan perubahan besar yang diperlukan.

Baca juga : Mantan Gubernur Bank Sentral : Independensi BI Harus Tetap Ada

“The Centre of Future Knowledge yang hijau dan berpihak pada energi terbarukan ini, akan mendukung penciptaan nilai untuk dunia bisnis yang lebih baik. Pusat teknologi ini akan fokus pada peran alih teknologi, riset dan pengembangan oleh investasi swasta dengan akademisi dan penelitian global terkemuka dalam mewujudkan masa depan yang berkelanjutan di Indonesia,” tutur Airlangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.