Dark/Light Mode

Juliari Akui Ada Anggaran Buat Undang Cita Citata Di Labuan Bajo

Senin, 19 Juli 2021 16:27 WIB
Pedangdut Cita Citata saat diperiksa KPK dalam kasus suap bansos, di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (26/3). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Pedangdut Cita Citata saat diperiksa KPK dalam kasus suap bansos, di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (26/3). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Eks Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara membenarkan adanya anggaran untuk mengundang pedangdut Cita Citata dalam rapat pimpinan (rapim) Kementerian Sosial (Kemensos), di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Awalnya jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertanya kepada Juliari soal kegiatan tersebut.

Juliari yang dihadirkan secara virtual di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menyatakan, dirinya hadir saat rapim di Labuan Bajo. "Tahu, saya hadir," ujar Juliari, Senin (19/7).

Baca juga : Ini Alasan Seri A Haramkan Jersey Warna Hijau Di Lapangan

Politisi PDIP itu menyebut, saat itu rapim dihadiri pejabat eselon satu dan dua di Kemensos. Rapim di Labuan Bajo itu, lanjutnya, dibiayai Direktorat Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos).

"Setiap rapim itu kita ada satu bulan, tapi rapim bergantian direktorat jenderal. Seinget saya di Labuan Bajo itu Ditjen Linjamsos," tuturnya.

Jaksa kemudian menelisik lebih dalam soal rapim di Labuan Bajo, yakni keberadaan pedangdut Cita Citata dalam rapim tersebut. Juliari membenarkannya. "Iya ada beberapa artis, salah satunya Cita Citata," ungkapnya.

Baca juga : Hari Ini, Tambahan 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Sumbangan Amerika Tiba Di Tanah Air

Jaksa kemudian bertanya soal anggaran yang dikeluarkan untuk para bintang tamu, termasuk untuk Cita Citata. "Anggarannya?," tanya jaksa. "Sebagai tuan rumah, Ditjen Linjamsos tentunya sudah menyiapkan anggaran," jawab Juliari.

Pada sidang Senin (8/3), mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos Matheus Joko Santoso yang dihadirkan sebagai saksi, mengakui adanya aliran uang senilai Rp 16,7 miliar yang berasal dari fee pengadaan bansos.

Salah satunya, sebesar Rp 150 juta, diberikan pedangdut Cita Citata saat menjadi pengisi acara rapim Kemensos di Labuan Bajo. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.