Dark/Light Mode

Tak Penuhi Syarat Perjalanan, Korlantas Putar Balik 1.500 Mobil

Selasa, 20 Juli 2021 06:31 WIB
Pemeriksaan kendaraan oleh petugas di tol. (Foto: ist)
Pemeriksaan kendaraan oleh petugas di tol. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Korlantas Polri memutar 1.500 kendaraan pribadi menuju Jawa ke wilayah asal karena tidak memenuhi syarat melakukan perjalanan pada masa PPKM Darurat jelang Idul Adha 1442 Hijriah.

"Untuk pribadi, lebih kurang 1.500 kendaraan 2 hari ini yang sudah kami putar balikkan," ujar Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Istiono saat meninjau posko penyekatan PPKM Darurat di KM 31 Tol Jakarta-Cikampek, Senin (19/7) malam. 

Baca juga : 11 Tahun Perjalanan Dafam Hotel Management Berkarya

Kendaraan-kendaraan tersebut diputar balik, kata dia, lantaran tak memenuhi persyaratan perjalanan. Selain kendaraan pribadi, ada pula kendaraan umum yang ditindak oleh petugas di lapangan.

"Kendaraan umum ini lebih kurang 96 kendaraan juga kami putar balikkan karena tidak memenuhi persyaratan," ujarnya.

Baca juga : Tak Pakai Masker Saat Jalan-jalan Di Bali, 3 WNA Dideportasi

Kendati begitu, Istiono memastikan kondisi lalu lintas selama pelaksanaan PPKM Darurat ini berjalan kondusif dan terkelola dengan baik. Meski begitu, dia mengakui terjadi peningkatan mobilitas dua hari terakhir.

Korlantas Polri meningkatkan pengawasan mobilitas kendaraan menjelang Idul Adha 1442 Hijriah dengan menambah jumlah penyekatan sebanyak 1.038 lokasi, tersebar dari Lampung, Jawa, hingga Bali. Lokasi penyekatan tersebut terdapat di tol, nontol, dan pelabuhan.

Baca juga : Dukung Pemberdayaan Masyarakat, PLN Berikan Bantuan Fasilitas Bank Sampah

"Titik-titik penyekatan yang semula juga 998 titik di PPKM ini, kemudian pada Idul Adha ditingkatkan lagi menjadi 1.038," katanya.

Korlantas Polri mencatat selama masa PPKM darurat, 3 hingga 17 Juli, ada 730.000 kendaraan yang diputarbalikkan karena tidak memenuhi syarat perjalanan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.