Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Kurangi Utang

Waskita Divestasi Ruas Tol Cibitung Cilincing

Kamis, 22 Juli 2021 07:46 WIB
Pembangunan Tol Cibitung Cilincing. (Foto : Istimewa).
Pembangunan Tol Cibitung Cilincing. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Waskita Toll Road (WTR) telah menandatangani Perjanji­an Jual Beli Bersyarat (PPJB), dengan PT Akses Pelabuhan Indonesia (PT API) atas selu­ruh kepemilikan saham WTR pada PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP).

CTP adalah pemegang konsesi atas jalan tol Cibitung Cilincing. Divestasi jalan tol merupakan bagian dari proses bisnis Waskita, sebagai salah satu pengembang infrastruktur terbesar di Tanah Air.

Waskita menggunakan skema asset recycling, yai­tu investment-construction-divestment. Terutama dalam mendorong kinerja usaha. Serta sebagai bentuk nyata kontribusi perusahaan dalam mendukung pembangunan nasional.

Selain bagian dari proses bisnis Waskita, divestasi juga merupakan bagian dari komit­men Waskita dalam rangka pe­nyehatan keuangan perseroan. Serta menciptakan bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga : Gandeng Franklin Templeton, Bahana Sasar Investasi Di Pasar AS

“Melalui penandatanganan PPJB tersebut, WTR dan API menyepakati melakukan pengalihan 55 persen saham WTR pada CTP melalui skema jual beli dengan nilai transaksi sebesar Rp 2,49 triliun,” jelas Direktur Utama WTR Sep­tiawan Andri Purwanto dalam keterangan resminya, kemarin.

Saat ini, WTR merupakan pemegang saham atas 55 persen saham pada CTP. Sedang­kan API merupakan pemegang saham atas 45 persen saham pada CTP. Setelah transaksi diselesaikan, maka API akan menjadi pemegang saham atas keseluruhan CTP.

AP I merupakan anak usaha dari PT Pengembang Pelabuhan Indonesia dan PT Pelabuhan Tanjung Priok. Serta bagian dari grup perusa­haan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). API bergerak dalam bidang penyediaan ja­lan akses khusus dan jalan tol kepelabuhan, beserta fasilitas pendukungnya.

Septiawan menjelaskan, bahwa dana yang diterima dari hasil divestasi tersebut akan digunakan untuk mendukung proses bisnis WTR ke depan­nya. Adapun proses divestasi CTP ini ditargetkan untuk dapat selesai pada triwulan III-2021.

Baca juga : Waskita Divestasi Tol Cibitung Cilincing Rp 2,49 T

“Dengan adanya divestasi CTP ini, Waskita diperkirakan dapat menurunkan utang me­lalui dekonsolidasi hingga Rp 5 triliun,” sebut Septiawan.

Saat ini Waskita telah suk­ses melaksanakan divestasi atas 4 ruas jalan tol dari 9 ruas jalan tol yang ditargetkan untuk dilepas kepada investor pada tahun ini.

Kesuksesan Waskita dalam melakukan divestasi ini, lan­jut Septiawan, membuktikan minat para investor untuk melakukan investasi pada konsesi jalan tol Waskita ma­sih sangat tinggi.

Diamini President Director Waskita Destiawan Soewardjono, divestasi dan program penyehatan keuangan lainnya akan mendorong perbaikan kondisi keuangan Waskita.

Baca juga : Panglima TNI Tinjau Isolasi Terpusat OTG Di Cilincing

“Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap pen­catatan kinerja Waskita di masa mendatang,” kata Des­tiawan di kesempatan yang sama. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.