Dark/Light Mode

Jateng Dapat Bantuan Pasokan Oksigen 150 Ribu Liter Sehari Dari KRI dr. Soeharso

Kamis, 29 Juli 2021 10:08 WIB
Gubernjr Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau KRI dr. Soeharso, yang memasok oksigen untuk wilayah yang dipimpinya, Rabu (28/7). (Foto: Humas Jateng)
Gubernjr Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau KRI dr. Soeharso, yang memasok oksigen untuk wilayah yang dipimpinya, Rabu (28/7). (Foto: Humas Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jawa Tengah (Jateng) mendapat bantuan pasokan dari KRI dr. Soeharso-990. Kapal perang rumah sakit terbesar di Indonesia itu sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, untuk membantu suplai oksigen rumah sakit di wilayah tersebut.

Komandan Lanal Semarang, Kolonel Laut (P) Nazarudin menyampaikan, KRI dr. Soeharso merupakan kapal perang rumah sakit yang memiiki oksigen generator.

Kapal itu bisa memproduksi oksigen secara mandiri, dengan kapasitas sekitar 150 ribu liter per hari, atau setara dengan 20-25 tabung kapasitas 6.000 liter.

Baca juga : PLN Berikan Bantuan 12 Ton Oksigen Ke Rumah Sakit Di Jateng Dan Yogyakarta

"KRI dr. Soeharso ini merupakan kapal perang rumah sakit, yang diperintahkan sandar di Semarang hari ini. Tujuannya adalah membantu masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan oksigen, khususnya bagi rumah sakit,” kata Nazarudin, Rabu (28/7).

Kapal tersebut akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

“Kapal ini akan standby sampai terpenuhinya kebutuhan oksigen di Jateng. Jadi, tidak ada batas waktu,” jelas Danlanal.

Baca juga : Tetanggaan, Sarawak Kirim Pasokan Oksigen Ke Kalbar

Di Indonesia, lanjut Nazarudin, ada dua kapal perang rumah sakit yang bisa memproduksi oksigen. Yakni KRI dr. Soeharso yang standby di Semarang saat ini, dan KRI Semarang yang sandar di Surabaya untuk membantu pemenuhan oksigen di Jatim dan sekitarnya.

“Untuk mempermudah pelayanan, kami telah berkoordinasi dengan Dinkes, agar rumah sakit yang membutuhkan pengisian oksigen bisa dikoordinir. Sebab, kemampuan pengisian kami sehari hanya 20-25 tabung. Jadi, memang butuh waktu. Hari ini, sudah mulai ada pengisian tabung untuk rumah sakit,” bebernya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyempatkan menengok KRI dr Soeharso. Didampingi Wali Kota Semarang dan Kepala Dinkes Jateng, Ganjar melihat proses KRI memproduksi oksigen sampai proses pengisian tabung.

Baca juga : PLN Salurkan Bantuan Oksigen Ke Sejumlah RS Di Jawa Tengah

"Saya terima kasih sekali atas bantuan ini. KRI dr. Soeharso ini kapal perang rumah sakit terbesar di Indonesia, yang diperintahkan berada di Semarang untuk mem-back up oksigen di Jawa Tengah," tutur Ganjar.

"Kapal ini punya oksigen generator yang bisa memenuhi kebutuhan kapal. Tapi, karena sekarang tidak menjalankan tugas, maka fungsinya untuk sosial dan kemasyarakatan,” sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.