Dark/Light Mode

Sumbangan Covid-19 Rp 1 T Muhammadiyah Patut Jadi Contoh

Rabu, 4 Agustus 2021 23:06 WIB
Peneliti Maarif Institute Endang Tirtana (Foto: Istimewa)
Peneliti Maarif Institute Endang Tirtana (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah Muhammadiyah dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19 dengan menggelontorkan dana hingga Rp 1 triliun patut dicontoh kelompok masyarakat lainnya. Apalagi, program-program bantuan Covid-19 yang disalurkan Muhammadiyah dilakukan secara transparan.

Peneliti Maarif Institute Endang Tirtana mengatakan, Muhammadiyah mengelola keuangan secara modern. Penyaluran bantuan dilakukan secara transparan, karena ada dana sumbangan publik. “Ini bukan soal besar kecilnya bantuan, tetapi soal transparansi dan akuntabilitas,” kata Endang, di Jakarta, Rabu (4/8), seperti dikutip Antara.

Berita Terkait : Muhammadiyah 1 T Benar-benar Nyata

Oleh karena itu, ia berpendapat, kelompok masyarakat lain yang ingin terlibat membantu penanganan Covid-19 dapat menjadikan Muhammadiyah sebagai contoh. “Yang dilakukan oleh Muhammadiyah harus menjadi contoh, karena penggalangan bantuan juga tetap harus melengkapi laporan dana yang telah terkumpul dan pendistribusian,” katanya.

Ia pun lanjut mengajak berbagai kelompok masyarakat di Tanah Air untuk terlibat aktif meringankan beban masyarakat selama pandemi. Pasalnya, penanganan dampak pandemi hanya dapat dilakukan lewat kerja sama antarkelompok masyarakat.

Berita Terkait : Awalnya Dibanggain Jadinya Diketawain

Sebelumnya, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti menyebut telah menyalurkan bantuan yang disalurkan Muhammadiyah selama pandemi Covid-19 sudah lebih dari Rp 1 triliun. “Dari sudut dana, kami mendapatkan laporan sudah lebih dari Rp 1 triliun dana yang didistribusikan untuk membantu masyarakat dari semua kalangan selama pandemi Covid-19 ini,” kata Abdul Mu’ti. [USU]