Dark/Light Mode

Mahfud Harap Tahun Baru Islam Jadi Booster Optimisme Lawan Pandemi

Selasa, 10 Agustus 2021 08:32 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD saat mengisi kajian vitual 1 Muharram bersama Gubernur Bank Indonesia (BI). (Foto: Ist)
Menko Polhukam Mahfud MD saat mengisi kajian vitual 1 Muharram bersama Gubernur Bank Indonesia (BI). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, menyerukan agar momentum Tahun Baru Islam atau 1 Muharam 1443 H dijadikan sebagai pembangkit optimisme dan harapan masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Mahfud saat mengisi kajian vitual 1 Muharram, bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) dan para Dewan Gubernur yang diikuti sedikitnya 1.000 peserta dari berbagai wilayah dan perwakilan BI di berbagai negara, Senin (9/8).

Baca juga : Sambut Tahun Baru Hijriah, Bamsoet Ajak Umat Islam Sukseskan Vaksinasi

"Apa yang bisa kita ambil dari peristiwa hijrah nabi? Pertama perjuangan itu memerlukan kesabaran. Nabi mau dibunuh, dikejar kemana-mana, akses ekonominya diputus, perdagangannya diputus, tapi Nabi Muhammad tetap bersabar. Oleh sebab itu, jika saudara mau mengambil hikmah dari 1 Muharram ini, mari kita pupuk kesabaran," ujar Mahfud dalam acara bertema Momentum 1 Muharram sebagai Booster Optimisme dan Harapan Menurut Pandangan Islam ini.

Menurut Mahfud, sabar sekurang-kurangnya ada tiga. Pertama sabar terhadap musibah, kedua sabar di dalam ketaatan, termasuk disiplin. Lalu yang ketiga sabar di dalam berjuang, bersungguh-sungguh, optimistis dan tangguh.

Baca juga : Kemenag Geser Hari Libur Tahun Baru Islam, Dari Selasa Ke Rabu

"Sabar itu bukan hanya berarti pasrah, tapi sikap pantang menyerah, tangguh dan bersungguh-sungguh itu juga sabar," tambah Mahfud yang juga alumni Pondok Pesantren Al-Mardhiyah, Pamekasan, Madura ini.

Dalam memperkuat argumentasinya, Mahfud mengutip ayat tentang sabar di Surah Al-Baqarah Ayat 249.

Baca juga : Mahfud Ingin Kader PSI Jadi Politisi Berintegritas

"Sekolompok kecil orang bisa mengalahkan orang yang banyak, asal kamu bersabar," tambah Mahfud sembari menjabarkan secara detail Asbabun Nuzul atau latar belakang turunya ayat tersebut.

Mahfud juga mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam di akun Twitter-nya @mohmahfudmd. "Selamat tahun baru 1443 Hijriah. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Esa, memberkati kita dengan taufik dan hidayah-Nya untuk mengikuti jejak rasul dalam membangun kemaslahatan," harap Mahfud. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.