Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dibuka Menteri Sandi, Festival Hatta-Sjahrir Dihadiri Para Tokoh Nasional

Sabtu, 14 Agustus 2021 16:31 WIB
Festival Hatta-Sjahrir. (Foto: ist)
Festival Hatta-Sjahrir. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Hatta-Sjahrir 2021 akhirnya dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.

Kegiatan yang diselenggarakan secara online ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Maluku bertujuan untuk mempromosikan Pariwisata Maluku khususnya Pulau Banda serta mempererat hubungan dengan Sumatera Barat.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, yang juga hadir menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Maluku terkait kegiatan Festival Ini. “Harapan besar melalui kegiatan ini, saudara-saudara kami di Maluku juga bisa lebih mengenal budaya Minangkabau dan tertarik untuk mengunjungi Sumatera Barat dan begitu pun sebaliknya,” ujarnya.

Baca juga : Gemar Tebar Senyum Saat Tanding, Greysia Terinspirasi Pebulutangkis China

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail  juga berharap, Festival Hatta Sjahrir ini dapat menghadirkan semangat dan solidaritas, serta terjalin hubungan harmonis dan keterpaduan dalam upaya pembangunan Bangsa Indonesia.

Festival Hatta Sjahrir dirangkai bersama kegiatan lain seperti Seminar Nasional, Pameran Edukatif dan UMKM, Lomba Rakyat, City Tour dan Pagelaran Seni dan Budaya. 

Kegiatan Seminar Nasional menghadirkan para pembicara yang berkelas. Sebagai keynote speaker hadir Gubernur DKI Anies Baswedan dan putri kandung Bung Hatta, Meutia Hatta. Adapun narasumbernya adalah para ilmuan nasional maupun lokal, yaitu; Babe Ridwan Saidi, M.J. Huliselan, dan Sosiolog Dr. Muhammad Farid selaku Rektor STP & STKIP Hatta-Sjahrir. 

Baca juga : Menteri Sandi Inisiasi Pariwisata Berbasis Kemanusiaan

Turut serta dalam webinar nasional para Bupati dan Walikota se-Provinsi Maluku dan Sumatera Barat. Juga para kepala dinas kedua Provinsi. Sementara peserta umum mencapai 500 lebih, membuat diskusi semakin ramai dan menarik.

Ketua Sekolah Tinggi Hatta-Sjahrir Banda Naira, Muhammad Farid mengatakan, kebanggaannya karena keterlibatan lembaga yang dipimpinnya dalam kegiatan berskala nasional ini. 

"Ini momentum yang tepat untuk menunjukkan kepada publik, bahwa fakta sejarah diasingkannya Hatta dan Sjahrir di Banda dahulu memang memberi arti besar bagi Banda,” ujarnya.

Baca juga : Olimpiade 2020, Perenang Fadlan dan Azzahra Ditargetkan Cetak Rekor Nasional

“Terlebih bagi sivitas akademik Hatta-Sjahrir, bahwa nama besar keduanya bukan sekedar menempel secara kebetulan, tapi untuk menegaskan bahwa kampus ini siap melanjutkan tongkat estafet misi pendidikan bung Hatta dan bung Sjahrir untuk masa depan pemuda-pemudi bangsa,” lanjutnya.

Sampai berita ini diturunkan (14/8) kegiatan Festival Hatta Sjahrir masih terus berlangsung. "Ada beberapa pertunjukan seni-budaya yang tengah berlangsung sampai nanti malam. Semoga kegiatan lancar dan sukses sampai selesai,” ujar Panitia Lokal Banda Naira, Aditya Putra Basir. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.