Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Sandi Inisiasi Pariwisata Berbasis Kemanusiaan

Minggu, 1 Agustus 2021 13:47 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong penciptaan social humanity tourism alias pariwisata berbasis kemanusiaan untuk menciptakan lapangan kerja dan kebangkitan ekonomi di Indonesia.

Sandi menyebut ide untuk menciptakan pariwisata berbasis kemanusiaan bermula saat dirinya baru ditugaskan jadi Menparekraf. Kala itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sedang melaksanakan donor darah. Kemudian terpicu semangat baru untuk wisata kemanusiaan.

Baca juga : Menteri Halim Ajak Kampus Bersinergi Bangun Desa

Lalu banyak pihak yang menyambut baik ide ini. Namun demikian, ada pula yang mencibirnya. "Yang mem-bully ini tidak memiliki referensi. Salah satu yang meningkat secara tajam adalah sisi kemanusiaan para wisatawan yang ingin datang ke satu tempat wisata, tapi juga berkontribusi sosial," kata Sandi dalam pernyataannya saat diskusi virtual dengan Rotary Club District 3420, Minggu (1/8).

Sandiaga mengaku, pariwisata berbasis kemanusiaan merupakan pengejawantahan dari jati diri bangsa Indonesia yang senang bergotong-royong, dan saling membantu. "Dan ini merupakan budaya yang benar-benar sama dari Sabang sampai Merauke," lanjut dia.

Baca juga : Kamrussamad: Vaksinasi Penting Untuk Selamatkan Generasi Penerus

Tak hanya senang bergotong-royong dan saling membantu, masyarakat Indonesia juga disebut sebagai salah satu masyarakat terdermawan di dunia.

Mas Menteri, sapaan Sandiaga mencontohkan langkah seorang WNI yang namanya tidak pernah terdengar di kalangan pebisnis, namun memberikan donasi dengan jumlah yang fantastis.

Baca juga : Menteri Sandi Sebut 7 Aspek Pengembangan Desa Wisata, Ini Daftarnya

"Terima kasih untuk Rotary Distrik 3420 yang berani mengangkat isu ini. Menurut saya ini menjadi wisata minat khusus yang nanti ada satu dua inisiasi yang kita bisa kerjakan di Distrik 3420," tutur Sandi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.