Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terima Masukan Publik, BPIP Ganti Tema Lomba Tulis

Senin, 16 Agustus 2021 10:10 WIB
Plt Sekretaris Utama BPIP Karjono. (Foto: ist)
Plt Sekretaris Utama BPIP Karjono. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengapresiasi berbagai masukan dan tanggapan publik terkait lomba penulisan artikel nasional Hari Santri 2021. Mulanya, tema lomba 'Hormat Bendera Menurut Hukum Islam' dan 'Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam.' 

Kedua tema tersebut kini diganti menjadi  'Pandangan Agama Dalam Menguatkan Wawasan Kebangsaan' dan 'Peran Masyarakat Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.'

Plt Sekretaris Utama BPIP Karjono bersyukur dengan animo masyarakat yang besar dalam menggaungkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila. Terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar semenjak gelaran lomba diumumkan. Dalam empat hari sudah tercatat lebih dari 300 orang pendaftar.

Baca juga : Pandemi Mengajarkan Kita Saling Bantu, Semampu Yang Kita Bisa

Karjono juga senang, BPIP sebagai lembaga baru mendapatkan perhatian yang cukup besar dari masyarakat dan tokoh. "Kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat sekaligus permohonan maaf, apabila kegiatan yang kami laksanakan kurang sesuai yang diharapkan," bilang Ketua Ikatan Alumni Universitas Terbuka ini.

 

Dijelaskan, BPIP menyelenggarakan berbagai macam jenis lomba dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus merayakan HUT RI ke-76. Tujuannya tiada lain untuk mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dalam pengamalan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Baca juga : Gaungkan Pancasila, BPIP Gelar Aneka lomba

"Selain untuk mempopulerkan kembali nilai luhur Pancasila, perlombaan ini juga sebagai ajang menggali inovasi dan kreativitas masyarakat terutama kalangan anak muda," tutur Karjono. 

Adapun beberapa lomba yang telah dilaksanakan dan/atau sedang berlangsung saat ini antara lain:

  1. Lomba Pembuatan Video Pendek dan Animasi dengan platform YouTube, kerjasama antara BPIP dan MPR dengan tema:  Penguatan Pancasila sebagai Dasar Negara; dan     Pembumian Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat. Pemenang lomba sudah diumumkan  1 Juni 2021 melalui YouTube dan Instagram BPIP).
  2. 2. Lomba Video Pendek Berbasis Instagram dan TikTok dengan topik "Laku Pancasila Bagi Millenial". (Pemenang lomba sudah diumumkan 1 Juni 2021 melalui YouTube dan Instagram BPIP).
  3. Lomba Orasi 1 Juni, yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube BPIP pada 4 Agustus 2021 dengan tema: “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh” dan telah diumumkan melalui akun media sosial BPIP pada 13 Agustus 2021.
  4. Lomba Pembuatan Cerita Permainan Tradisional dalam bentuk Video, dengan tema "Pancasila Dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh." Diumumkan 13 Agustus di  website dan akun medsos BPIP.
  5. Lomba Vlog dengan tema "Kibarkan Sang Merah Putih di Tiang Tertinggi", akan diumumkan pada 17 Agustus 2021, melalui akun medsos BPIP.
  6. Kegiatan penghargaan terhadap Kreativitas Anak Indonesia Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilaksanakan secara gotong royong lintas sektor dengan tema Apresiasi Ajang Kreativitas Anak Indonesia Jenjang PAUD: Cita-citaku Untuk Indonesia Tangguh. Hasil pemeringkatan peserta akan diumumkan pada 17 Agustus 2021 melalui akun medsos BPIP.
  7. Lomba penulisan esai dengan tema "Teladan Pancasila Aparatur Negara", rencananya akan diumumkan melalui akun medsos BPIP pada 31 Agustus 2021.

Untuk informasi lebih lanjut terkait lomba maupun kegiatan yang telah dilaksanakan, BPIP mempersilakan publik mengunjungi website bpip.go.id dan akun medsos lainnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.