Dark/Light Mode

Alumni Pelayaran Kebangsaan Komit Majukan Indonesia

Jumat, 20 Agustus 2021 14:36 WIB
Reuni Alumni Pelayaran Kebangsaan (Foto: Istimewa)
Reuni Alumni Pelayaran Kebangsaan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni Pelayaran Kebangsaan angkatan 1 sampai dengan angkatan 7 menggunakan momentum HUT ke-76 RI untuk membahas kemajuan bangsa Indonesia. Pembahasan itu dilaksanakan dalam Reuni Akbar Virtual, Kamis malam (19/8).

Reuni ini akan menghadirkan pemantik diskusi dari Cecep Rukendi (perwakilan angkatan 1), Amir Burhanudin (perwakilan angkatan 2), Awal Noviana Rahmawati (perwakilan angkatan 3), Karuniana Dianta (perwakilan angkatan 4), Wahid C Ady (perwakilan angakatan 5), Pipit Andriani, (perwakilan angkatan 6), dan Emy Marlesi (perwakilan angkatan 7). Acara dimoderatori Merry Mardianti.

Kegiatan ini bertujuan menjalin silturahmi antar angkatan dan memberikan masukan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan ini diisi dengan berbagai acara, di antaranya diskusi, penampilan kreasi seni, dan pemutaran video dokumentasi.

Dua puluh tahun yang lalu, Pelayaran Kebangsaan Mahasiswa Indonesia dicanangkan sebagai program bersama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kemenpolkam. Pelayaran Kebangsaan ini merupakan kegiatan yang melibatkan perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh pelosok nusantara dan taruna akademi militer, akademi angkatan udara, akademi angkatan laut, dan akademi kepolisian untuk sama-sama berdiskusi dan merusmuskan rekomendasi terkait politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan (Poleksosbud Hankam).

Baca juga : Kemenkes Sebut Varian Delta Dominasi Hasil Sekuensing Di Indonesia

“Yang telah kita diskusikan dua puluh tahun yang lalu, terwujud hari ini,” ujar Amir Burhanudin.

Para pemantik diskusi menyampaikan pengalaman luar biasa yang didapatkan selama berlayar mengarungi lautan Indonesia dan menguatkan makna pentingnya bersama-sama membangun bangsa. Cecep menjelaskan pengalaman tentang kondisi keberagaman komponen peserta pelayaran kebangsaan. "Semua peserta berbeda-beda tetapi untuk tujuan yang sama yaitu membangun bangsa," jelasnya.

Awal Noviana menjelaskan, kondisi kebangsaan yang sedang pandemi membutuhkan partisipasi para alumni Pelayaran Kebangsaan. "Kita harus memotivasi semua pihak untuk kemajuan agar keluar dari pandemi Covid-19," ucap Awal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.