Dark/Light Mode

Membangun Budaya Kolaborasi Peserta Didik

Kamis, 26 Agustus 2021 09:00 WIB
Dr Muhtadi, Ketua Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fidikom, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Dr Muhtadi, Ketua Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fidikom, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Tema kaloborasi menjadi penting bagi dunia pendidikan kita. Karena kenyataannya, kaloborasi menjadi budaya global untuk meningkatkan produktivitas dan pencapaian prestasi lain.

Baca juga : Kasus Baru Nanjak 18.671, Jabar Masih Betah Di Puncak

Banyak inovasi dihasilkan dari proses kaloborasi yang dilakukan beragam pihak atau stakeholder. Inovasi dalam bidang apapun akan spektakuler jika kaloborasi berjalan dengan baik dan tertib. Tim sepakbola misalnya, dapat menjadi juara liga, karena proses kaloborasi antara pelatih, pemain, staf medis, pemasaran dan lainnya. Begitu pula dalam pembuatan pesawat terbang yang merupakan buah karya kaloborasi banyak orang yang kompeten di bidangnya.

Baca juga : Airlangga: Kolaborasi Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Kaloborasi begitu penting dalam kehidupan masyarakat global, terutama terkait inovasi-inovasi yang dihasilkan di berbagai bidang. Karena pada dasarnya, setiap orang tidak dapat menghasilkan inovasi aplikatif jika hanya bekerja sendiri, bahkan, hal yang dikerjakan tidak akan menghasilkan apa-apa bagi perubahan di masyarakat.

Baca juga : Holding Jasa Survei Kolaborasi Perbesar Skala Bisnis

Berdasarkan kenyataan di atas, membangun dan menumbuhkan nilai serta budaya di kalangan peserta didik menjadi penting. Karena ini merupakan budaya yang tumbuh pada masyarakat global, di mana peserta didik jika sudah lulus sekolah akan bertemu kultur ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.