Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pahamify Gandeng Kominfo Gelar Pelatihan Guru Inspriratif

Selasa, 31 Agustus 2021 11:17 WIB
Pelatihan Guru Inspiratif oleh PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (Foto: Ist)
Pelatihan Guru Inspiratif oleh PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ajaran baru telah dimulai. Ada yang sudah pembelajaran tatap muka. Ada pula yang masih jarak jauh. Adaptasi menjadi bagian terpenting di masa pandemi. Bukan hanya bagi siswa dan orangtua, tetapi juga guru dan stakeholder pendidikan lainnya.

Mencermati hal ini, platform belajar online PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar pelatihan bagi para guru untuk menarik minat agar bisa menciptakan konten belajar yang autentik bagi siswanya. Tak hanya itu, pelatihan ini juga mengajak guru untuk memaksimalkan pemanfaatan fitur-fitur platform digital dalam proses belajar mengajar.

Pelatihan Guru Inspiratif dibuka oleh Plt Direktur Ekonomi Digital Kominfo Nyoman Adhiarna, Chief Operating Officer Pahamify Moh Ikhsan, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan H Uca Somantri, belum lama ini. Turut hadir sebagai pembicara sesi pertama terkait Kurikulum Darurat yakni Kepala Puskurbuk Kemendikbudristek Supriyatno. Pelatihan terbagi menjadi empat sesi yang dilaksanakan dalam dua hari.

Baca juga : KKP Berkomitmen Wujudkan Pengelolaan Perikanan Di Indonesia

Meski digelar secara virtual, kegiatan ini tetap diikuti secara antusias lebih dari 300 guru jenjang SD, SMP, sampai SMA di seluruh Indonesia. Nyoman mengatakan, transformasi digital di sektor pendidikan dan kesehatan merupakan kunci perkembangan kegiatan di masa yang akan datang.

Dia menyatakan, sektor pendidikan merupakan yang paling mudah untuk didigitalisasi. "Tantangan yang kita hadapi saat ini adalah bagaimana mendorong digitalisasi tersebut dapat merata di seluruh Indonesia. Pelatihan Guru Inspiratif yang dijalankan bersama Pahamify ini menjadi salah satu upaya kami untuk mewujudkan hal tersebut," katanya melalui siaran pers yang diterima RM.id, Selasa (31/8).

Mengangkat tema Pemanfaatan Teknologi Digital, pelatihan ini terdiri dari 4 sesi dengan tema yang berbeda-beda. Pertama, Kurikulum Darurat 2021. Kedua, Strategi Pembuatan Ice Breaking untuk Memulai Pembelajaran selama PJJ. Ketiga, Pemaksimalan fitur pada Zoom Meeting serta Google Meet untuk PJJ.

Baca juga : SMF Benahi Pemukiman Kumuh Di Atas Laut

Keempat, Memanfaatkan Berbagai Platform Digital untuk Assesment dan Engagement Siswa. Sementara itu, Ikhsan mengatakan, pelaksanaan Pelatihan Guru Inspiratif bersama Kominfo menjadi kebanggan tersendiri bagi Pahamify. Karena dapat memberikan nilai tambah secara langsung bagi pendidikan di Indonesia. Khususnya melalui ujung tombak generasi tunas bangsa, yakni para guru.

"Pahamify melalui Teacher Community senantiasa mencanangkan pelatihan, webinar, hingga simposium guna meningkatkan kompetensi guru-guru di Indonesia. Kami berharap rangkaian kegiatan ini dapat memperluas wawasan dan pengalaman guru. Sehingga makin mumpuni dalam mengajar secara efektif dan efisien di tengah pandemi," tutur Ikhsan.

Kominfo dan Pahamify terus menggencarkan kegiatan bagi para guru demi mendorong optimalisasi digital sebagai sarana mengajar. Selain Pelatihan Guru Inspiratif, sebelumnya juga telah melaksanakan Webinar bertajuk "Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Daring" pada 22 Juli 2021 lalu. Webinar bagi guru juga dilaksanakan pada 23 Agustus 2021 dengan mengangkat tema "Digitalisasi Sekolah dan Pelatihan Learning Management System untuk Sekolah".

Baca juga : Kemenag Gelar Pameran Pesantren Virtual

Sebagai informasi, saat ini Pahamify tengah memberikan akses gratis materi belajar dalam program Sekolah Bareng Pahamify. Program ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengajar dan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. Sekolah Bareng Pahamify ini dapat diakses oleh guru dan siswa kelas X-XII SMA setiap hari Senin-Jumat di jam sekolah. Yakni pukul 07.00-13.00 WIB. Bagi guru yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi laman https://bit.ly/DaftarSBPGuru. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.