Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pesan Bamsoet Ke Sean Gelael: Jangan Mudah Berpuas Diri

Senin, 23 Agustus 2021 20:05 WIB
Pembalap muda Indonesia Sean Gelael (Foto: Istimewa)
Pembalap muda Indonesia Sean Gelael (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo berpesan kepada pembalap muda Indonesia Sean Gelael agar tidak mudah berpuas diri. Setelah berbagai kemenangan yang diraih di berbagai ajang bergengsi kejuaraan balap mobil dunia, Sean Gelael harus tetap fokus mengejar berbagai impiannya. Sehingga bendera Merah Putih bisa lebih banyak lagi berkibar di berbagai negara dunia, melalui kemenangan yang diraih Sean Gelael. 

"Sean Gelael telah mencatatkan rekor sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang tampil sekaligus naik podium di ajang bergengsi FIA World Endurance Championship (WEC)," ucap Bamsoet, sapaan akrab Bambang, Senin (23/8). 

FIA WEC merupakan ajang balap mobil bergengsi dunia yang mengandalkan ketahanan fisik dan mental para pembalapnya. Durasi balapnya sangat panjang, mulai dari 6 jam, 8 jam, hingga 24 jam. 

Berita Terkait : Pesan Tokoh Cisalak Ke Penggarap Lahan UIII: Ini Tanah Negara

"Dari berbagai putaran WEC 2021 untuk kelas LMP2, Sean Gelael mampu membawa tim JOTA#28 naik podium. Mengibarkan bendera Merah Putih, mengharumkan nama Indonesia," ujar Bamsoet. 

Ketua MPR ini menjelaskan, di putaran pertama WEC 2021, 6 Hours of Spa-Francorchamps di Belgia, 1 Mei 2021, Sean Gelael bersama rekan setimnya, pembalap Belgia Stoffel Vandoorne dan pembalap Inggris Tom Blomqvist, berhasil membawa JOTA#28 naik podium dengan finish di posisi ketiga. Kemudian, kembali naik podium dengan finish di posisi kedua dalam putaran kedua, 8 Hours of Portimao di Portugal, 13 Juni 2021. 

"Berhasil naik podium di dua putaran awal WEC 2021 tidak membuat jalan yang ditempuh Sean Gelael dan rekan setimnya di JOTA#28 menjadi lebih mudah. Di putaran ketiga, 6 Hours of Monza di Italia pada 18 Juli 2021, mereka harus menerima finish di posisi kelima. Mereka kemudian membalasnya dengan kembali naik podium di putaran keempat, 24 Hours of Le Mans di Perancis pada 21-22 Agustus 2021, dengan finish di posisi kedua," jelas Bamsoet. 

Berita Terkait : Peluang Ekspor Kopi Ke Negeri Paman Sam Sangat Besar

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menuturkan, selain di WEC 2021, Sean juga pernah naik podium dengan di putaran ketiga European Le Mans Series (ELMS), 4 Hours of Monza di Italia, 11 Juli 2021. Saat itu, bersama pembalap Malaysia Jazeman Jaafar, Sean Gelael berhasil membawa tim JOTA#82 naik podium dengan finish di posisi ketiga. 

"Di ajang Asian Le Mans Series, Sean juga dua kali naik podium bersama JOTA#28. Yakni inish di posisi kedua pada putaran pertama 4 Hours of Dubai pada 13 Februari 2021. Serta finish di posisi pertama pada putaran ketiga, 4 Hours of Abu Dhabi pada 19 Februari 2021," terang Bamsoet. 

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menambahkan, doa dan dukungan rakyat Indonesia tidak akan pernah berhenti agar Sean Gelael bisa kembali mengibarkan bendera Merah Putih di dua putaran sisa WEC 2021. Putaran kelima, 6 Hours of Bahrain, dan putaran keenam sebagai penutup WEC 2021, 8 Hours of Bahrain, akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2021 dan 6 November 2021 di Bahrain. 

Berita Terkait : Bamsoet Puji Keberhasilan Pemerintah Evakuasi WNI Dari Afghanistan

"Sean Gelael punya rekam jejak yang sangat bagus dalam ajang balap ketahanan dunia. Rasanya naik podium di dua putaran sisa WEC 2021 bukan hal yang mustahil untuk kembali ia persembahkan bagi bangsa Indonesia," pungkas Bamsoet. [USU]