Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmikan Bendungan Way Sekampung, Jokowi Ingin Produksi Petani Naik

Kamis, 2 September 2021 17:21 WIB
Jokowi meresmikan Bendungan Way Sekampung, di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Kamis (2/9) . (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Jokowi meresmikan Bendungan Way Sekampung, di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Kamis (2/9) . (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung, saat melakukan kunjungan kerja pada, Kamis (2/9) sore. 

Bendungan multifungsi yang dibangun selama lima tahun sejak 2016 ini dengan anggaran  sebesar Rp 1,78 triliun ini dapat dimanfaatkan untuk irigasi pertanian, persediaan air baku, pembangkit listrik, serta pengendalian banjir. 

“Alhamdulillah Bendungan Way Sekampung dengan luas genangan 800 hektare ini siap difungsikan.,” ujar Presiden dalam sambutannya. 

Baca juga : Teten Ingin Literasi Pelaku Koperasi Dan UMKM Meningkat

Disebutkan Presiden, bendungan ini dapat mengairi 55 ribu hektare daerah irigasi yang ada saat ini ditambah 17.500 hektare areal pertanian baru, menyediakan air baku hingga 2,737 liter per detik, serta berpotensi menghasilkan daya listrik sebesar 5,4 megawatt.  Bendungan ini mampu mengairi 55.000 ha daerah irigasi existing dan 17.500 hektare daerah irigasi baru. 

“Artinya ini ada ekstensifikasi, menyediakan air baku hingga 2,737 liter per detik, dan sebagai sumber pembangkit listrik 5,4 megawatt, serta, tadi sudah saya sampaikan, juga sebagai pengendali banjir,” terangnya. 

Dengan menggunakan sistem kaskade, lanjut Presiden, Bendungan Way Sekampung diharapkan dapat menjaga kontinuitas ketersediaan air irigasi di Provinsi Lampung, yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional. Bendungan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian sekaligus kesejahteraan para petani. 

Baca juga : Setoran Pajak Seret, Ini Solusi Dari Hadi Poernomo

“Intensitas tanam juga bisa ditingkatkan, dari semula dua kali setahun menjadi tiga kali setahun. Artinya, produksi dipastikan akan meningkat dan kita harapkan kesejahteraan petani juga ikut meningkat. Ini harapan kita,” ujarnya. 

Lebih lanjut Jokowi Presiden menekankan, bendungan multifungsi ini dapat berfungsi  optimal dalam mendukung produktivitas pertanian jika terintegrasi dengan sistem irigasi yang tertata dengan baik, mulai dari saluran irigasi primer, sekunder, tersier, hingga kuarter. 

Untuk itu, ia meminta jajaran Pemerintah Daerah setempat untuk memastikan integrasi tersebut. 

Baca juga : Petani Ngamuk

“Saya minta kepada kepala daerah  untuk betul-betul memperhatikan soal ini. Kita berharap bendungan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kabupaten Pringsewu dan sekitarnya dalam rangka mendukung produktivitas petani, membantu masyarakat yang kesulitan air bersih, serta mengurangi kerugian masyarakat akibat adanya banjir,” tegasnya.  [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.