Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI Terima 500 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca Dari Australia

Kamis, 2 September 2021 17:47 WIB
Menlu, Retno LP Marsudi memberikan keterangan pers, menyambut kedatangan vaksin Covid-19 AstraZeneca, Kamis (2/9). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Menlu, Retno LP Marsudi memberikan keterangan pers, menyambut kedatangan vaksin Covid-19 AstraZeneca, Kamis (2/9). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia kembali menerima bantuan stok vaksin Covid-19 guna memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional. 

Sebanyak 500 ribu dosis vaksin tahap pertama jenis AstraZeneca dari Pemerintah Australia tiba di Bandara Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. 

“Alhamdulillah, sore hari ini kembali datangkan vaksin AstraZeneca dari Australia,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin, Kamis (2/9). 

Kedatangan vaksin ini merupakan pengiriman tahap pertama dari rencana dukungan 2,5 juta dosis vaksin yang akan diberikan Pemerintah Australia bagi masyarakat Indonesia melalui mekanisme bilateral pada tahun ini. 

Baca juga : Kamera 70mai Dash Cam M300, Mampu Deteksi Getaran Dan Tabrakan

“Australia berkomitmen untuk memberikan dukungan pengadaan vaksin bagi Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia yang akan disalurkan melalui UNICEF,” ujar Retno. 

Kerja sama penanganan Covid-19 ini, imbuh Menlu, merupakan hasil dari komunikasi intensif yang dilakukannya Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia. 

“Dukungan kerja sama vaksin ini merupakan salah satu topik bahasan dalam komunikasinya by telepon beberapa kali dengan Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, termasuk yang terakhir saya lakukan pada 7 Juli 2021,” ungkapnya. 

Menlu Retno pun menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang telah diberikan oleh Australia tersebut.  “Atas nama Pemerintah Indonesia, saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan Covid -19. Thank you, Australia,” ucapnya. 

Baca juga : Hari Ini, RI Kembali Datangkan 583.400 Dosis Vaksin Jadi Astrazeneca

Dalam sambutannya, Retno juga menyampaikan rencana pertemuan antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia dalam rangka memperkokoh kemitraan strategis komprehensif yang telah disepakai kedua negara pada tahun 2018 lalu. 

Indonesia dan Australia akan menggelar melakukan pertemuan two plus two (2+2) dalam waktu dekat. Pertemuan ini merupakan pertemuan antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara. 

Selain pada tingkat menteri, upaya untuk memperkuat kerja sama penanganan Covid-19 juga sangat intensif dilakukan pada tingkat pimpinan tertinggi kedua negara. 

“Presiden Jokowi dan PM Scott Morrison secara reguler melakukan pembicaraan per telepon, dan terakhir dilakukan 24 Juni 2021,” ujarnya. 

Baca juga : Jokowi Terima Surat Kepercayaan Dari 4 Duta Besar Negara Sahabat

Pada kesempatan sama, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams menyampaikan bahwa Australia senang dapat bekerja sama dengan Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. 

“Kami senang dapat bekerja bersama dalam  menghadapi dan pemulihan dari Covid-19. Australia bangga dapat berdiri bersama tetangga kami Indonesia di masa-masa sulit ini,” ujarnya. 

Kedatangan 500 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang diproduksi di Australia ini, ujar Penny, akan dilanjutkan dengan kedatangan tahap selanjutnya dengan total sejumlah 2,5 juta dosis. 

“Vaksin ini adalah bagian dari donasi 2,5 juta dosis vaksin yang ditawarkan oleh Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne kepada Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi saat mereka berbicara bulan Juli ini,” pungkasnya [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.