Dark/Light Mode

Tinjau Isolasi Apung Terpusat di Kota Sorong

Menko Airlangga Apresiasi Penanganan Covid-19 Di Papua Barat

Jumat, 3 September 2021 22:15 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi penanganan Covid-19 meninjau langsung lokasi Isolasi Apung Terpusat (Isoter) KM Sirimau di Kota Sorong, Jumat (3/9). (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi penanganan Covid-19 meninjau langsung lokasi Isolasi Apung Terpusat (Isoter) KM Sirimau di Kota Sorong, Jumat (3/9). (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi penanganan Covid-19 di Kota Sorong, Papua Barat.

Hal ini disampaikan Airlangga saat meninjau langsung  lokasi Isolasi Apung Terpusat (Isoter) KM Sirimau di Kota Sorong, Jumat (3/9).

"Kami ke Sorong karena penanganan Covid-19 relatif baik. Secara nasional angka positivity rate atau tingkat kasus positif di Kota Sorong 1,9 sudah di bawah 5 persen standar minimal secara global. Angkat kasus aktif, kematian, dan pasien dirawat sudah di bawah standar nasional," kata Menko Airlangga yang didampingi Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang.

Baca juga : Kapolri Minta Strategi Pengendalian Covid-19 Di Bali Diperkuat

Dia mengatakan, penanganan isolasi terapung di KM Sirimau yang berkapasitas 460 tempat tidur, sangat baik. Saat ini hanya ada 5 pasien menjalani isolasi apung tersebut.

"Jadi penanganannya sudah baik. Diharapkan semua kota bisa mengikuti," ungkap Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu.

Dalam jarak yang aman, Menko Airlangga berdialog dengan pasien di Isoter. Dia juga memberikan semangat untuk mendorong kesembuhan para pasien sekaligus menyerahkan bantuan berupa paket kebutuhan pokok secara simbolis.

Baca juga : Keren, Penularan Covid Terendah Se-Indonesia...

"Sudah hari ke berapa isolasinya? Semoga cepat pulih biar bisa berkumpul lagi bersama keluarga," ujar Menko Airlangga.

Di samping itu, Menko Airlangga meminta agar seluruh jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) bisa mengarahkan masyarakat terinfeksi Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, agar mau pindah ke fasilitas Isoter.

Dengan begitu, pasien bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih memadai. "Kami tentu mendukung serta mendorong isolasi terapung agar pasien Covid-19 tanpa gejala tidak di rumah tetapi di kapal sebagai upaya pencegahan penyebaran," tutupnya.

Baca juga : Kasus Covid Terendah Se-Indonesia, Kapolri Apresiasi Penanganan Covid-19 Di Papua Barat

Kunjungan Menko Perekonomian kali ini ke Sorong adalah untuk memastikan semua program penanganan Covid-19 dan penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berjalan dengan baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.