Dark/Light Mode

IPW: Surat Terbuka Brigjen Junior Tumilaar Di Luar Pakem TNI

Rabu, 22 September 2021 10:12 WIB
Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Susanto. (Foto: Ist)
Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Susanto. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dia menilai, surat terbuka yang saat ini viral di berbagai aplikasi media sosial itu juga dapat dikategorikan membangun opini publik.

Hal itu berpotensi memancing kemarahan publik dan atau memicu konflik komunal, baik antara masyarakat dengan masyarakat, antara masyarakat dengan Polri, maupun konflik antara TNI dan Polri.

Baca juga : Juara Bertahan AS Terbuka Naomi Tumbang Dari Petenis Muda Kanada

Terpisah, pengamat hukum dari Universitas Trisakti (Usakti) Abdul Fickar Hadjar mengatakan, prajurit TNI dan Polri juga warga negara Indonesia.

Jika surat terbuka Brigjen Junior Tumilaar kepada Polri tidak berkaitan dengan kedudukannya sebagai TNI, maka boleh saja Brigjen Junior Tumilaar membuat surat terbuka.

Baca juga : PLN Salurkan 900 Meter Kubik Oksigen Per Bulan ke Rumah Sakit Di Jakarta

"Artinya lagi dia (Brigjen Junior Tumilaar) hanya sekedar menolong orang saja. Tetapi, jika urusannya bersinggungan dengan kepentingan pribadinya, maka selayaknya dan seharusnya dikoordinasikan dengan kesatuannya. Agar tidak menimbulkan gesekan urusan antar kelembagaan," ujar Fickar. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.