Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terpilih Jadi Ketua Umum, Andreas Dipuji Sukses Satukan KNPI

Jumat, 24 September 2021 11:05 WIB
Logo Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). (Foto: Ist)
Logo Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) mengapresiasi langkah Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terpilih hasil Kongres XVI Lombok, Andreas Nandiwardana yang berkeinginan menyatukan organisasi kepemudaan agar melebur jadi satu.

Dukungan itu salah satunya datang dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Ketua GMNI Arjuna Putra Aldino mendukung penuh langkah Ketua Umum KNPI terpilih Andreas dalam rangka menyatukan organisasi tersebut.

"Kami berharap seluruh elemen-elemen OKP bersama-sama bersatu untuk memajukan pemuda Indonesia sebagai garda  terdepan dalam rangka mengawal NKRI," ujar Arjuna melalui rilis kepada RM.id, Jumat (24/9).

Pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengapresiasi langkah penyatuan organisai KNPI itu. Menurut dia, dalam konteks organisasi apapun, memang harus dapat menyatukan kekuatan.

Baca juga : Terpilih Jadi Ketum Iskindo, Riza Damanik Berpantun & Usung Program Ini

"Meski ada perbedaan itu hal yang wajar, namun itu sifatnya hanya dialektis. Jangan sampai perbedaan itu meniadakan satu dengan yang lain atau menyerang kelompok satu dengan yang lain. Jika ada perbedaaan, itu sah-saja, tapi harus diikat dalam satu prinsip Bhinneka Tunggal Ika," ujar Emrus.

Menurut Emrus, membangun suatu organisasi harus butuh kekuatan dan dukungan dari semua elemen. Karena bila sudah terjadi perpecahan, maka sulit menyatukan pandangan.

"Oleh karenanya, saya sepakat bahwa penyatuan KNPI dalam konteks kebersamaan hal mutlak untuk dilakukan. Akan tetapi tidak boleh meniadakan dialektika. Sehingga ada tesis dan antitesis yang menghasilkan sintesa, sebagai suatu bentuk kebersamaan dalam membangun organisasi KNPI tentunya hal yang harus dilakukan," ungkapnya.

Emrus juga mengingatkan jangan lagi ada organisasi kepemudaan seperti KNPI dengan nama yang sama, karena tidak puas dengan formasi kepengurusan yang lama. Sehingga mendirikan kelompok organisasi yang baru dengan nama persis sama.

Baca juga : Ini Profil Bupati Kolaka Timur Yang Ditangkap KPK

"Oleh karenanya, saya menyarankan, guna menyatukan organisasi KNPI yang terpecah itu perlu dilakukan ruang dialog dan berkompromi dalam menukar kepentingan agar ditemukan satu kesepakatan," kata Emrus.

Untuk mewujudkan semua itu, kata Emrus, perlu sosok leadership yang kuat merangkul kelompok organisasi KNPI yang lain agar melebur jadi satu.

"Jadi pola kompromi dan leadership atau kepemimpinan yang dapat merangkul semua elemen yang berkepentingan di tubuh organisasi KNPI itu sangat dibutuhkan. Oleh karenanya, langkah Anderas dalam menyatukan KNPI sudah sangat tepat dan perlu didukung semua elemen OKP yang lain," katanya.

Untuk diketahui, Ketum KNPI terpilih, Raden Andreas Nandi Wardhana mengajak pemuda yang tergabung dalam wadah berhimpun organisasi kepemudaan agar kembali bersatu. Andre mengungkapkan, sebagai organisasi kepemudaan, KNPI merupakan wadah berhimpun yang memiliki latar belakang dan pendidikan yang sangat plural dan dinamis, sehingga KNPI memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa.

Baca juga : Terpilih Jadi Ketum, Andreas Diminta Satukan Organisasi Pemuda

Menurut dia, tidak mudah membangun sebuah organisasi kepemudaan. Pasang surut organisasi ini telah dilalui. Sehingga dinamika di tubuh organisasi kepemudaan itu cukup dinamis. "Oleh sebab itu, kami berharap bahwa Kongres XVI sebagai ajang pemersatu bagi organisasi KNPI yang sempat mengalami perpecahan itu," ujar Andre.

Perpecahan di tubuh KNPI, lanjutnya, bukan hanya berimbas pada organisasi itu sendiri, tetapi berdampak kepada konflik di tubuh OKP yang ada di bawahnya, karena dukung mendukung kepada salah satu kubu. Oleh karenanya, pihaknya membuka ruang agar pemuda yang terpecah belah agar kembali menyatu dalam wadah KNPI.

Sebelumnya, Tiga kelompok Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) islah. Mereka sepakat menggelar Rapimpurnas dan Kongres bersama XVI pada 2021. Ketum dari tiga kubu KNPI, yaitu Noer Fajrieansyah, Abdul Azis, dan Mustahuddin, berkumpul bersama di Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Mereka menandatangani kesepakatan bersama didampingi Sekretaris Jenderal masing-masing, yaitu Addin Jauharudin, Jackson AW Kumaat, dan Yamitema Tirtajaya Laoly.

"Hari ini sangat bersejarah bagi pemuda Indonesia karena berdasarkan kesadaran bersama kami pimpinan dari tiga kelompok DPP KNPI sepakat, konflik yang selama ini terjadi harus diakhir. Jangan ada lagi perpecahan pemuda ke depan. Karena itu, kami bertemu hari ini untuk melaksanakan kongres bersama sesuai dengan harapan pemerintah dan OKP yang selama ini bernaung di bawah DPP KNPI," ujar Addin, Sekjen DPP KNPI versi Noer Fajrieansyah. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.