Dark/Light Mode

BARACOAL Sumbang Rp 5 M Untuk Bantu Penanganan Covid-19

Selasa, 5 Oktober 2021 16:12 WIB
Penyerahan secara simbolik bantuan Rp 5 miliar dari BARACOAL untuk penanganan Covid-19 di Indonesia melalui Yayasan Tzu Chi, di Jakarta, Selasa (5/10). (Foto: Istimewa)
Penyerahan secara simbolik bantuan Rp 5 miliar dari BARACOAL untuk penanganan Covid-19 di Indonesia melalui Yayasan Tzu Chi, di Jakarta, Selasa (5/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bara Alam Utama (BARACOAL) turun tangan membantu penanggulangan pandemi Covid-19. Perusahaan pertambangan batubara yang beroperasi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, yang dimiliki Hasim Sutiono, ini menyumbangkan dana sebesar Rp 5 miliar untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dana bantuan penanganan Covid-19 tersebut disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia (Tzu Chi). Tzu Chi merupakan yayasan nirlaba yang telah lama berkiprah dalam kegiatan sosial kemanusiaan di Indonesia.

Baca juga : Brantas Abipraya Bantu Keluarga Korban Mei 98

“Sumbangan yang diberikan BARACOAL ini merupakan amanat langsung dari Bapak Hasim Sutiono, pemilik PT Bara Alam Utama (PT BAU), yang disampaikan kepada direksi perusahaan,” ujar Direktur Keuangan PT BAU Soelaeman Widjaja, di sela-sela acara penyerahan sumbangan secara simbolik di Kantor Tzu Chi, Selasa (5/10).

Soelaeman menerangkan, sumbangan tersebut merupakan wujud kepedulian sosial dari Hasim dan keluarganya, pengusaha nasional kelahiran Banjarmasin. 

Baca juga : Gotong Royong, PDIP Bantu Keluarga Kader Korban Covid-19

BARACOAL memilih Tzu Chi sebagai institusi yang menerima sumbangan dan kemudian menyalurkannya, karena reputasi yang telah dikenal baik sebagai yayasan nirlaba terpercaya, berpengalaman serta memiliki jaringan luas. Dengan begitu, bantuan penanganan Covid-19 dapat disalurkan dengan cepat, tepat sasaran, dan dapat menjangkau pelosok-pelosok wilayah di Indonesia.

Tzu Chi juga telah menjalin kerja sama dengan Kadin Indonesia melalui program “Pengusaha Peduli NKRI” yang digagas sejak Maret 2020. Kerja sama ini telah berhasil menghimpun dana sumbangan dari pengusaha-pengusaha Indonesia. Dari dana tersebut telah dapat direalisasikan dan masih berlanjut dalam bentuk penyaluran “Beras PPKM” bagi keluarga yang membutuhkan; penyaluran ribuan unit oksigen konsentrator ke rumah sakit, puskesmas, dan klinik institusi terkait; penyaluran peralatan kesehatan seperti ventilator, masker, alat rapid test, alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan, dan peralatan medis lainnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.