Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Deklarasi Siap Nyapres

Anies-Ganjar Tak Senekat Ridwan Kamil

Minggu, 10 Oktober 2021 08:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) dan Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) dan Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Urusan nyapres, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak senekat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil, kembali secara terbuka menyatakan kesiapannya maju di kontestasi calon presiden 2024. Sementara Anies dan Ganjar masih malu-malu. Padahal, Anies dan Ganjar selalu nangkring di 3 besar survei capres.

Sebenarnya, nasib ketiga kepala daerah itu, mirip-mirip. Sama-sama punya elektabilitas yang moncer di berbagai lembaga survei, sama-sama berposisi sebagai kepala daerah, namun sama-sama juga bukan bos partai politik (parpol).

Baca juga : Ganjar Menjaga Perasaan Mega

Bedanya cuma dengan Ganjar. Gubernur Jawa Tengah itu kader parpol yakni PDI Perjuangan. Tapi belum kunjung dapat lampu hijau untuk dijagokan di 2024. Sementara Kang Emil dan Anies, senasib: bukan kader parpol.

Tapi, Kang Emil tampil beda sendiri. Ia berani terbuka mengutarakan kesiapannya untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) 2024.

Kesiapan Kang Emil nyapres ini kembali dibunyikan oleh salah satu relawannya di twitter, kemarin. Lewan akun Ridwan Kamil 2024 @Rekat24, dia menuliskan kembali pernyataan Kang Emil soal kesiapannya menjadi capres.

Baca juga : Presiden Taiwan Maju Tak Gentar Lawan Tirai Bambu

“Hati saya semakin mantap dan siap melangkah untuk ikut serta pemilihan calon Presiden 2024 setelah mempertimbangkan semua, lalu Istikharah dan saya sudah mendapat restu Ibu. Semoga Allah melancarkan semuanya,” tulis @Rekat24, sambil menuliskan kata “Ridwan Kamil,” di bawahnya, sebagai penegasan bahwa itu ucapan Kang Emil. Cuitan akun @Rekat24 yang berpengikut 10.279 akun ini, ditulis Jumat (8/10). Banyak yang memberikan komentar, juga membangikan cuitan itu ke orang lain.

Selain lewat cuitan relawannya itu, sebelumnya, ketika menghadiri acara workshop PAN di Bali, Selasa (5/10) lalu, Kang Emil kembali bicara soal takdirnya di 2024 mendatang. Ia blak-blakan kepingin nyalon di Pilpres mendatang.

“Bila tidak jadi, tidak masalah. Tapi, kalau ada sebuah pintu terbuka, datang dari PAN, saya bismillah,” ucap Kang Emil disambut gemuruh tepuk tangan kader PAN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.