Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ditanya Soal Capres

Ganjar Menjaga Perasaan Mega

Sabtu, 9 Oktober 2021 07:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jawa Tengah)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jawa Tengah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo konsisten masuk tiga besar survei Capres 2024. Bahkan hasil survei terbaru, Gubernur Jawa Tengah itu ada di posisi dua, di bawah Prabowo Subianto. Meski begitu, Ganjar ogah bicara soal Pilpres. Dia menyerahkan masalah Pilpres ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Survei Capres terbaru dirilis oleh Saiful Mujani Research and Center (SMRC). Dalam survei tersebut Ketum Gerindra Prabowo Subianto berada di posisi teratas dengan 20,7 persen. Di posisi kedua ada Ganjar Prabowo yang dipepet Anies Baswedan dengan elektabilitas masing-masing 19 persen, dan 14 persen.

Meskipun posisi pertama, elektabilitas Prabowo mengalami penurunan dari 24,4 persen menjadi 20,7 persen. Sementara elektabilitas Ganjar meningkat dari 15,7 persen jadi 19 persen. Sedangkan Anies bertahan pada 14,3 persen.

Baca juga : Waskita Karya Siap Garap Ibu Kota Baru Hingga Tuntaskan Utang Jumbo

“Keunggulan tajam Ganjar dalam simulasi ini menunjukan Ganjar lebih mampu menarik pemilih,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani, Kamis (7/10).

Meski di atas angin, Ganjar tidak jumawa. Bahkan, saat ditanya soal Capres, Ganjar menyerahkan sepenuhnya kepada Megawati. “Pokoknya, di PDIP urusan Pilpres urusan Ketua Umum, Bu Mega,” ujarnya, kemarin.

Terkait banyaknya deklarasi relawan yang mendukung dia maju Pilpres, Ganjar mengaku tidak tahu. “Saya tidak ngurus deklarator-deklarator yang muncul dari mereka,” kata Ganjar.

Baca juga : Soal Calon Panglima TNI, Stafsus Mensesneg: Sabar Ya

Ia juga menegaskan, Capres bukan menjadi fokusnya. Apalagi, saat ini dia sedang mendapat tugas baru dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin menurunkan kemiskinan.

“Ada tugas baru dari Wapres, bagaimana kemiskinan ekstrem bisa beres di bulan Desember. Dan itu menjadi tugas utama di samping mempercepat vaksin. Jadi saya ngurusi yang itulah, saya tidak ngurus deklarator-deklarator yang muncul dari mereka dan saya tidak pernah tahu,” tegas Ganjar.

Bagaimana sikap PDIP? Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno mengapresiasi sikap Ganjar yang menyerahkan soal Capres kepada Megawati.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.