Dark/Light Mode

Dialog Dengan PKL Saat Kasih Bantuan Rp 1,2 Juta

Jokowi: Cukup? Rakyat: Kurang

Minggu, 10 Oktober 2021 08:30 WIB
Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat meresmikan peluncuran Program Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di Kawasan Malioboro, Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat meresmikan peluncuran Program Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di Kawasan Malioboro, Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai bantuan terus digelontorkan pemerintah kepada masyarakat kecil yang terdampak pandemi, agar ekonomi segera bergerak. Namun, rakyat tetap merasa kurang saja.

Kali ini, bantuan dari pemerintah itu berupa bantuan tunai untuk pedagang kali lima dan warung kecil (BTPKLW). Para PKL yang berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta jadi yang pertama mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 1,2 juta langsung dari Presiden Jokowi.

Dalam pembagian tersebut, Jokowi sempat bertanya kepada PKL yang hadir. “Cukup ndak?” Lantas dijawab: “kurang.”

Berita Terkait : Dari Ujung Ngawi Sampai Banyuwangi, Jatim Kuning Semua

Momen tersebut terjadi saat kunjungan Jokowi ke kawasan Malioboro, Yogyakarta, kemarin pagi. Jokowi tiba di Malioboro dengan berjalan kaki dari Istana Negara, Gedung Agung. Kepala Negara didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Seperti biasa, Jokowi mengenakan style kebesarannya, kaus lengan panjang warna putih dan celana panjang hitam dengan sneakers warna senada. Sementara para menteri hingga Sri Sultan, ikut mengenakan pakaian dengan warna seragam. Bedanya, pejabat yang mengawal presiden menggunakan kemeja panjang warna putih.

Selama berjalan di area Malioboro, Jokowi dan rombongan banyak disambut para pedagang maupun pengunjung. Mereka mengajak RI-1 itu untuk berfoto meski hanya dari kejauhan. Jokowi hanya melempar senyum.

Berita Terkait : Alhamdulillah, Jokowi Kasih Bantuan Rp 100 juta Ke Mantan Atlet Verawaty Fajrin

Tepatnya di Jalan Ahmad Yani sebelah Barat, Malioboro, acara pembagian bantuan secara simbolik dibuka. Tidak seperti kegiatan kepresidenan lainnya, acara kali ini tidak menggunakan panggung dan tenda besar. Posisi yang diambil tepat berada di warung Soto Ayam. Jokowi bersama rombongan berdiri di atas pedestrian. Fasilitasnya, hanya microphone yang dipasang dengan tiang besi, tanpa mimbar.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya bersama Menteri Koordinator Perekonomian, Ngarso Dalem, Gubernur DIY dan bapak wali kota ingin meresmikan dimulainya pemberian bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung-warung,” kata Jokowi membuka dialog, kemarin.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, program bantuan tunai itu akan diberikan pada 1 juta PKL dan warung kecil di seluruh Indonesia. Penyalurannya dilakukan oleh TNI-Polri. PKL di Malioboro menjadi yang pertama menerima bantuan tunai tersebut. Jumlahnya sebesar Rp 1,2 juta.

Berita Terkait : Lelang Aset Mantan Bupati Lampung Utara Dibatalkan

“Cukup ndak?” tanya Jokowi. “Kurang!,” teriak PKL dan warga yang memang memadatati kawasan tersebut. Sontak, jawaban warga ini membuat Jokowi dan para pejabat yang hadir sampai tertawa.
 Selanjutnya